Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Melalui Western Union

Western Union adalah jasa pengiriman uang dalam negeri maupun antar negara yang saat ini semakin eksis. Western Union menyediakan jasa pengiriman uang yang aman dan cepat tanpa memerlukan rekening bank dan dengan biaya yang murah pula. Ada sekitar 20 negara yang tergabung dalam layanan Western Union dan dengan ribuan kantor agennya. 

Nah untuk anda yang belum tahu bagaimana cara transfer uang ke luar negeri melalui Western Union, berikut kami bagikan panduannya. Silahkan disimak.
Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Melalui Western Union
Kelebihan Western Union

Jika Anda ingin mentransfer uang ke luar negeri dari bank lokal, hal pertama yang harus dipenuhi adalah pihak penerima harus memiliki rekening. Kemudian Anda harus tahu kode bank yang digunakan oleh pihak penerima dan biasa disebut dengan kode SWIFT. Tanpa kode tersebut, Anda tak bisa melakukan pengiriman uang via bank ke luar negeri. 

Sedangkan jika Anda menggunakan Western Union, Anda dan pihak penerima tak perlu memiliki nomor rekening aktif. Western Union juga menerapkan biaya transfer yang lebih murah dibandingkan dengan via ATM. Anda pun bisa mengirimkan uang dengan lebih cepat karena Western Union sudah terkoneksi secara digital. Jumlah minimum pengiriman uang pun tak ditentukan oleh Western Union. 

Ada beberapa layanan yang diberikan oleh Western Union, diantaranya adalah :

1. Quick Pay dimana Anda bisa membayar berbagai tagihan resmi melalui Western Union. 

2. Will Call adalah layanan pengiriman uang antar individu. 

3. Antar jemput uang yaitu layanan yang diberikan kepada pihak pengirim jika ia tidak sempat pergi ke kantor Western Union untuk mengirimkan uangnya. Selain itu, disediakan juga layanan antar uang kepada pihak penerima langsung di rumah mereka. 

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri dengan Western Union

Jika Anda akan mentransfer uang ke luar negeri dengan menggunakan jasa Western Union, maka Anda wajib menyiapkan beberapa hal diantaranya 
  • Dokumen data diri Anda bisa berupa KTP, SIM, atau passport. 
  • Nama, negara tujuan, dan alamat lengkap pihak penerima uang (jika tak memiliki nomor rekening). 
  • Jika pihak penerima memiliki nomor rekening, maka Anda harus tahu nama, nomor rekening, dan kode bank yang 
Setelah itu, Anda tinggal mengikuti langkah di bawah ini :

1. Anda tinggal pergi ke kantor Western Union terdekat dari tempat tinggal Anda. Biasanya cara paling mudah adalah dengan datang ke kantor pos yang bekerja sama dengan Western Union. 

2. Kemudian pergi ke bagian costumer service dan isilah formulir pengirima uang yang diberikan. 

3. Tunjukkan kartu identitas dan data tujuan penerima uang kepada costumer service. 

4. Kemudian bayarlah uang yang akan dikirimkan sesuai dengan nominal yang telah Anda tuliskan dan uang biaya pengirimannya. 

5. Kemudian Anda diharuskan untuk menginformasikan kepada pihak penerima mengenai nama pengirim, nominal uang yang ditransfer, kode daerah, serta nomor referral yang berguna untuk pengambilan uang tersebut. 

Anda bisa mengirimkan uang dengan sangat cepat melalui Western Union. Transfer uang kurang dari 10 juta rupia bahkan bisa dilakukan hanya dalam hitungan menit. Sedangkan untuk transfer di atas 10 juta rupiah hanya memakan waktu 1 hari kerja. Sedangkan di bank konvensional, Anda harus menunggu hingga 3 hari kerja hingga uang sampai kepada penerima di luar negeri. 

Itulah diatas beragam cara transfer uang ke luar negeri melalui Western Union. Semoga informasi di blog nanapedia ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. Kalau misalnya Anda mempunyai pertanyaan, silahkan anda tulis pertanyaan tersebut melalui kolom komentar. Pasti akan kami jawab. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini.

Pilihan

 
Back To Top