Cara Mengirim Uang Melalui Kantor Pos Dengan Setor Tunai

Sampai dengan saat ini, pengiriman uang atau transfer yang dilakukan oleh masyarakat lebih banyak menggunakan perantara bank. Padahal selain melalui perantara bank, Anda bisa mengirimkan uang melalui kantor pos terdekat yang ternyata tidak hanya melayani pengiriman barang atau surat saja namun juga melayani pegiriman uang baik itu dalam negeri maupun luar negeri. 

Bagi Anda yang belum memahami atau tidak memahami cara mengirim uang melalui kantor pos berikut adalah cara pengiriman uang melalui kantor pos, jenis layanan pengiriman uang melalui kantor pos serta kelebihan pengiriman uang melalui kantor pos.  
Cara Mengirim Uang Melalui Kantor Pos
Jenis Layanan Pengiriman Uang Melalui Kantor Pos

Sebelum melakukan pengiriman uang melalui Kantor Pos, Anda harus mengetahui jenis layanan pengiriman uang melalui Kantor Pos sehingga pada saat petugas Kantor Pos bertanya, Anda dapat segera menjawabnya. Berikut adalah dua jenis layanan pengiriman uang yang disediakan oleh Kantor Pos. 

1. Layanan Domestik (Nasional)

Layanan domestik terbagi menjadi empat jenis, yaitu:
  • Weselpos Instan adalah pengiriman uang secara real time dimana pembayaran meggunakan PIN dan NTP yang dikirimkan langsung kepada penerima.
  • Weselpos Prima adalah pengiriman yang dilakukan dengan menggunakan surat pemberitahuan dimana uang akan langsung dantara oleh kantor pos ke alamat tujuan penerima uang. 
  • Weselpos Transfer Tunai (Cash To Account) adalah pengiriman uang yang dilakukan secara tunai melalui kantorpos dengan tujuan pengiriman uangnya adalah semua rekening bank secara real time.
  • Weselpos Kemitraan adalah layanan pengiriman uang melalui kantor pos yang bekerja sama dengan pihak lain dimana tarif dan layanan diberikan sesuai dengan kesepakatan bersama. 
2. Layanan Luar Negeri (Internasional)

Khusus untuk pengiriman uang ke luar negeri, Kantor Pos bekerja sama dengan beberapa bank ternama dan perusahaan jasa pengiriman uang terpercaya seperti Western Union, International Express Money Order (IEMO), International Money Order (IMO), BNI Wesel PIN, Wesel Instan BCA, Wesel Instan BSM dan Wesel Instan CIMB Niaga.

Cara Mengirim Uang Melalui Kantor Pos

Cara mengirim uang melalui kantor pos sebenarnya sama dengan ketika Anda mengirim uang melalui bank atau jasa pengiriman uang lainnya dan berikut adalah cara-caranya.

1. Sebelum pengiriman uang dilakukan, Anda akan diminta oleh petugas untuk mengisi formulir. Pastikan Anda mengisi semua data seperti nama dan alamat pengirim, nama dan alamat penerima serta jumlah uang yang akan dikirim dengan benar. 

2. Setelah selesai mengisi formulir dan merasa yakin telah menulis data dengan benar maka Anda dapat menyerahkan kembali formulir tersebut kepada petugas beserta dengan uang yang akan dikirim.

3. Selanjutnya, petugas akan memasukan data Anda ke dalam komputer. Setelah data selesai dimasukan, Anda akan mendapatkan slip sebagai bukti transaksi beserta dengan PIN dan NTP (Nomor Transaksi Pusat) yang digunakan untuk mengambil uang di di Kantor Pos. 

4. Beritahu PIN dan NTP yang Anda terima dari petugas kepada orang yang akan menerima uang tersebut. 

5. Selain membawa KTP asli dan dua lembar fotocopy KTP, penerima uang juga harus memberitahukan kepada petugas PIN dan NTP untuk dapat mengambil uang yang Anda kirimkan kepada orang tersebut. 

Nah, dengan ulasan diatas sudah tau kan jika Kantor Pos juga bisa menjadi salah satu pilihan alternatif yang dapat digunakan untuk mengirimkan uang. Selain itu perlu diketahui bahwa salah satu kelebihan dari pengiriman uang melalui Kantor Pos adalah jangkauan yang lebih luas, dimana Kantor Pos bisa mengirimkan uang Anda hingga ke pelosok daerah yang belum memiliki fasilitas bank sekalipun. Selamat mencoba!

Pilihan

 
Back To Top