Cara Menghasilkan Uang dari Blog dan Youtube Lewat Hp

Di jaman yang serba digital ini, mencari uang tidak melulu harus keluar rumah. Berangkat pagi pulang sore dengan bermacet-macet ria di jalan. Tidak perlu memakai seragam layaknya karyawan dan orang kantoran. Pakai sarung dan kaos oblong pun bisa menjadi pilihan jika kita bekerja di rumah sendiri. Dan yang lebih asyik adalah tidak terikat oleh waktu.

Memangnya kerja apa, min, kok enak banget sepertinya? Ya enak dong. Kita gak perlu keluar rumah. Hanya nongkrong dimanapun dengan berbekal smartphone saja sudah cukup. Tapi, lebih enak lagi sih pake komputer atau leptop sih ya. Supaya lebih leluasa. Kalau di hp kan layarnya kecil. Tapi, buat kalian yang masih belum mempunyai leptop atau komputer, tidak masalah. Kalian masih bisa mendapatkan uang dari hp smartphone android atau iphone.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan memberikan informasi dan tips bagaimana cara mendapatkan uang dari internet. Lebih tepatnya mendapatkan uang dari yaoutube dan blog. Sebelum ke artikel inti, saya akan sedikit menjelaskan apa itu blog dan apa itu youtube. Barangkali ada dari kalian yang belum paham betul mengenai dua platform tersebut.

Apa itu Youtube?

Youtube merupakan platform yang di miliki oleh perusahaan raksasa internet yaitu Google. Yups, youtube adalah situs berbagi video. Semua video apapun tersedia disana. Untuk mencari video yang ingin di lihat, para pengguna tinggal mengetikkan keyword atau kata kunci. Dengan cepat, sistem pencarian akan menampilkan video yang ingin di tonton.

Apa itu Blog? 

Nah. Kalau blog ini adalah situs yang membagikan informasi dengan media artikel atau tulisan. Platform ada banyak sekali. Di antaranya ialah, blogspot, wordpress, tumblr, medium, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada yang gratis dan ada yang berbayar. Jika anda ingin yang gratisan, saya sarankan untuk membuat blog dari Blogspot adalah platform menulis digital yang di sediakan oleh Google secara gratis.

Sekarang kalian sudah tahu kan kedua paltform tersebut, Youtube dan Blog? Kalau sudah paham mari kita menyimak poin utama yang ingin saya sampaikan ke kalian semua. Bagaimana sih bekerja menjadi seorang Youtuber dan Blogger. Simak artikel ini sampai selesai. Berikut langkah-langkah awal yang harus anda lakukan.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog 
Cara Menghasilkan Uang dari Blog dan Youtube
1. Tentukan tema atau topik yang ingin kalian tulis. Contohnya tema gadget, teknologi, wisata, otomotif, kesehatan, olahraga, dll. Pilihlah yang kalian anggap paling mengerti. Jika anda menguasai bidang seni, ya tulis saja artikel mengenai kesenian. Bisa tutorial, informasi berita, dan sejarah. Yang penting, anda menguasai topik tersebut.

2. Jika sudah menemukan topik, mulailah menulis dengan baik dan benar. Jika tidak bisa baik, minimal pembaca mengerti apa yang kalian sampaikan melalui tulisan. Anggaplah kalian yang menjadi pembaca. Jangan terlalu ribet dan berbelit-belit jika menyampaikan sesuatu melalui tulisan. Tulisan ini bisa anda simpan dahulu di draft hp.

3. Download aplikasi Blogspot di playstore atau appstore. Kemudian masukkan tulisan kalian tadi ke aplikasi tersebut. Anggap saja ini menulis status facebook atau caption di Instagram, namun bedanya ini artikel untuk blog, jadi lebih panjang. Jika sudah kalian masukkan, berilah judul yang menarik dan unik, kemudian lanjutkan untuk memposting, atau mempublish.

4. Teruslah konsisten menulis hingga banyak pengunjung yang membaca artikel di blogmu. Laporan traffic pengunjung bisa di lihat pada dashboard blogspot. Paling tidak, sehari harus ada tulisan baru minimal satu artikel di blog kalian. Lakukan menulis dengan konsisten ini sampai sebulan dan mendapatkan 30 artikel.

5. Setelah mendaptkan 30 artikel, kalian bisa mendaftarkan blog ke periklanan di google adsense. Silahkan mencari panduan cara mendaftar di Google adsense dengan blog, sangat banyak artikel ini di internet. Jika tidak diterima, daftarkan lagi sampai blog kalian diterima. Pengalaman saya dulu baru di terima setelah 7 kali daftar.

6. Jika sudah pengunjung di blog kamu dan sudah di terima menjadi mitra periklanan Google adsense, kalian tinggal memanen hasilnya. Ingat, proses mendapatkan uang dari blog ini tidak ada yang instan ya. Minimal 6 bulan, atau setahun, bahkan lebih. Kalau saya, bisa mendapatkan uang dari blog kira-kira setelah berjalan dua tahun, Tergantung niat dan semangat kalian, sih!

7. Apabila traffic atau pengunjung blog kalian sangat banyak, mencapai puluhan ribu pembaca dalam sehari, kalian bisa mencari sponsor mandiri. Misalnya mereview gadget, hotel, produk, dll, untuk di tulis di blog kalian. Anda akan mendapatkan komisi dari perusahaan brand tersebut. Dan ini jumlah nominlanya sangat menggiurkan loh.

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube
Cara Menghasilkan Uang dari Blog dan Youtube
Siapa bilang kita tidak bisa mendapatkan uang dari hp dengan bermain youtube. Sebenarnya, mencari uang di youtube kurang lebih sama dengan mencari uang lewat blog. Yup, sama saja. Iklan bisa kita pasang dari Google Adsense atau iklan mandiri. Nah, mari kita mulai apa yang harus disiapkan untuk membuat video di youtube.

1. Yang pertama yang harus kalian lakukan ialah menentukan tema, nice, atau topik. Bisa vlog (video sehari-hari), tutorial, atau video unik dan viral. Yang penting menarik. Kalau nggak menarik, siapa yang mau nonton? Karena persyaratan youtube kini semakin berat, minimal kalian harus mendapatkan viewers 4 jt jam tayangan dan 1000 subscriber baru akun kalian bisa di monetisasi (di pasangi iklan).

2. Buatlah akun yotube dengan alamat email yang sudah ada di hpmu. Dan ketika sudah mempunyai video, kalian tinggal upload saja lewat hp. Tips: Jangan mengambil video orang atau reupload. Buatlah video sendiri yang original dan fresh. Kenapa? Karena mengambil video orang itu adalah tindak kejahatan sob, dan suatu saat akunmu bisa kena banned. Dari pada buang-buang waktu kan, mending berkreasi sendiri.

3. Setelah videomu di tonton lebih dari 4 jt jam tayang, baru kalian mendaftar Google Adsense. Jika kontenmu baik dan bermanfaat, pasti kamu akan diterima menjadi mitra Google. Dan kalian bisa meraup keunutungan yang besar. Kalian bisa menjadi jutawan. Tapi ingat, tidak ada yang instan. Semuanya butuh proses dan kerja keras.

***

Sobat, demikianlah artikel mengenai cara mendapatkan uang dari Blog dan Youtube di blog nanapedia ini. Semoga artikel ringan ini menambah wawasan bagi anda yang ingin terjun bekerja di dunia internet. Sebenarnya masih banyak sekali lahan untuk mencari uang di Internet, tidak hanya dari youtube atau blog saja. Kapan-kapan akan saya bahas juga yang lainnya. Terimakasih sudah membaca.

Pilihan

 
Back To Top