Tips Dan Cara Agar Betah di Pondok Pesantren

Memutuskan untuk melanjutkan pendidikan sebagai santri bukanlah hal yang mudah. Pasalnya Anda diharuskan untuk hidup di pondok pesantren dan melakukan kegiatan berdasarkan peraturan yang berlaku di pondok pesantren tersebut. Hal ini berarti Anda tidak dapat hidup bebas sesuai keinginan ataupun hidup semaunya layaknya di rumah sendiri. 

Namun tentunya, jika niat dan kemauan sudah kuat, tak sulit untuk beradaptasi.  Untuk beradaptasi sendiri memang diperlukan waktu yang cukup lama. Terlebih untuk seseorang yang sudah terbiasa hidup manja, dengan kasih sayang penuh kedua orangtuanya.

Tapi tak perlu risau. Berikut telah kami siapkan beberapa informasi terkait masalah ini. Yakni tentang cara agar betah di pondok pesantren, dengan senang hati tanpa paksaan. Penasaran?
 Cara Agar Betah di Pondok Pesantren
1. Belajar Mandiri dengan Tidak Sering Minta Dikunjungi Keluarga

Menjadi santri berarti Anda harus siap untuk hidup mandiri. Biasanya santri baru merasa tidak kerasan sehingga ingin pulang ke rumah. Terkadang beberapa orang tua juga rutin mengunjungi anaknya di pondok pesantren yang membuat sang anak justru tambah menginginkan untuk kembali ke rumah.

Salah satu cara untuk membuat diri sendiri mandiri dan kerasan hidup di pondok yaitu meminta keluarga untuk tidak sering mengunjungi atau tidak sering pulang ke rumah. Dengan begitu secara perlahan Anda akan terbiasa hidup dengan kegiatan serta aturan yang ada di pondok pesantren.

2. Bersosialisasi dengan Teman Santri Lainnya

Sebagai santri baru, biasanya belum terbiasa hidup sendiri tanpa keluarga sehingga di waktu luang sering teringat akan keluarga di rumah. Hal ini akan membuat Anda gelisah dan ingin pulang ke rumah. Cara terbaik untuk mengatasinya yaitu dengan bersosialisasi dan berbaur dengan kawan santri lainnya.

Anda dapat saling bertukar cerita atau pengalaman sehingga waktu senggang terisi dengan canda gurau dengan teman santri lainnya. Dengan begitu rindu akan rumah akan terlupakan secara sendirinya. Percayalah, santri lainnya pun merasakan hal yang sama, yaitu rindu rumah dan keluaga.

3. Membiasakan Diri dengan Kegiatan dan Peraturan Pesantren

Agar dapat kerasan hidup di pesantren, tentu Anda harus paham dan terbiasa dengan atuan yang berlaku di sana. Untuk menyiasatinya, Anda dapat berkunjung atau survey terlebih dahulu sebelum memilih pondok pesantren yang dituju. Ketahuilah atau tanyakan mengenai peraturan dan kegiatan yang berlaku di pondok pesantren tersebut.

Siapkan mental dan biasakan diri Anda agar tidak kaget saat pindahan nanti. Hal ini akan membantu Anda hidup lebih kerasan dibandingkan belum mengkondisikan diri sama sekali terhadap peraturan yang ada. Sebab, peraturan dan kegiatan pesantren cenderung ketat dan padat.

4. Meminta Doa Orangtua maupun Guru-guru Pesantren

Hal lainnya yang dapat dilakukan untuk membuat diri kerasan hidup di pondok pesantren yaitu meminta doa orang tua serta guru pesantren. Doa orang tua akan selalu membantu kelancaran hidup Anda kelak, begitupula doa dari guru maupun kyai pesantren.

Mintalah agar Anda selalu diberikan kekuatan dan kesabaran dalam menjalani kehidupan pesantren serta dalam mencapai cita-cita di masa depan. Doa orangtua dan guru Anda akan memberikan kekuatan lebih pada Anda dalam melakukan segala hal yang sedang Anda jalani saat ini.

5. Bertawakal Kepada Allah SWT

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan agar betah hidup di pondok pesantren yaitu bertawakal. Bertawakal sendiri berarti berserah diri serta berdoa kepada Allah SWT setelah berusaha sekuat tenaga. 

Sebagai manusia yang tengah diuji, Anda tentu harus berusaha dengan sungguh-sungguh dan semaksimal mungkin. Setelah segala macam usaha Anda lakukan, baiknya Anda bertawakal atau berserah diri kepada Sang Pencipta. Serahkan segalanya pada Allah SWT dan berharap Anda akan selalu diberikan kesabaran serta hasil yang Anda inginkan. 

Itulah beberapa cara anak agar betah di pondok pesantren yang dapat Anda lakukan. Meskipun berat, namun jika dilakukan secara sabar dan sungguh-sungguh maka dijamin, lama kelamaan Anda akan betah hidup di lingkungan pesantren. Selalu motivasi diri agar tidak menjadi pribadi yang cengeng, dan selalu ingat mimpi dan cita-cita di masa depan Anda, dengan begitu anda tak akan mudah menyerah dengan keadaan.

Pilihan

 
Back To Top