Makanan Buat Ibu Hamil Biar Bayi Pintar dan Cerdas

Konon jika ibu hamil makan jenis makanan tertentu akan bisa berpengaruh pada janin yang dikandungnya. Misal jika makan makanan A akan membuat kulit bayi putih bersih, makan buah B akan membuat bayi menjadi tinggi, makan buah C akan membuat bayi pintar, dan sebagainya. Nah, pertanyaannya, apakah hal itu benar adanya, atau hanya mitos.

Memang kebanyakan hal tersebut adalah mitos. Namun tidak semuanya. Ada kalanya hal tersebut adalah fakta, karena ada penjelasa ilmiah dibaliknya. Nah, jika terkait makanan buat Ibu hamil biar bayi pintar, berikut kami bagikan beberapa diantaranya:
Makanan Buat Ibu Hamil Biar Bayi Pintar
9 Makanan Buat Ibu Hamil Agar Bayi Pintar

1. Salmon

Makanan yang satu ini memang kerap disebut sebagai makanan yang kaya gizi. Oleh sebab itulah bagi anda yang sedang hamil dan menginginkan memiliki anak yang pintar maka sebaiknya anda sering mengkonsumsi ikan ini. Anda dapat memasaknya dengan cara merebusnya dan hindari penggunaan MSG atau bahan kimia lainnya saat pengolahan. Tentu saja agar kandungan gizi yang ada di dalamnya tidak hilang dan anda tetap dapat menikmati manfaatnya.

2. Telur

Telur tidak hanya kaya akan protein namun juga telur merupakan makanan yang amat terjangkau harganya jika dibandingkan dengan salmon. Telur mengandung choline yang dapat membantu perkembangan otak pada janin. 

3. Susu

Banyak ibu hamil yang enggan mengkonsumsi dudu dengan alasan mual dan sebagainya. Namun anda perlu memahami bahwa susu dan produk-produk olahannya ternyata menyimpan sejuta manfaat bagi perkembangan bayi anda salah satunya adalah menjaga tulang anda dan bayi anda tetap kuat. Selain itu anda juga dapat terhindar dari bakteri dan zat-zat anti alergi dan infeksi karena kandungan probiotiknya. Setidaknya anda mengkonsumsi produk olahan susu jika anda tidak dapat mengkonsumsi susu secara langsung.

4. Minyak Ikan

Tidak banyak dokter yang meresepkan minyak ikan pada ibu hamil namun minyak ikan ini sangat penting dalam perkembangan mata dan otak bayi anda. Umumnya minyak ikan yang kerap digunakan adalah minyak ikan kod. 

5. Ubi

Jika anda beranggapan bahwa ubi adalah makanan ‘ndeso’ maka anda harus memahami kandungan di balik ubi. Ubi ternyata memiliki banyak kandungan vitamin A yang dapat membantu membangun sel-sel pada janin. Selain harganya yang murah, pengolahannya pun sangat mudah, yakni anda hanya perlu merebusnya saja dan kemudian mengkonsumsinya. 

6. Buah Berries

Buah berries memiliki banyak kandungan vitamin C yang berfungsi untuk menjaga kulit bayi tetap sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh pada bayi. Namun sayangnya di Indonesia sangat sulit untuk mendapatkan buah berries di pasar tradisional.

7. Sayuran hijau

Ada banyak sayuran hijau yang dapat anda konsumsi saat hamil sehingga tidak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak menyukainya. Sayuran hijau seperti brokoli dipercaya merupakan makanan yang dapat membuat bayi pintar. Kandungan antioksidan, kalsium, potasium, dan vitamin A ny ayang tinggi tentu sangat dibutuhkjan sel-sel tubuh. Namun yang tak kalah penting adalah kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu ibu hamil yang kerap mengalami ‘sembelit’.

8. Alpukat

Alpukat mengandung lemak, namun tentu saja lemak yang baik bagi tubuh. Sebaiknya anda mengganti camilan anda dengan alpukat karena selain mengenyangkan juga dapat memberikan banyak manfaat bagi anda dan janin. 

9. Daging tanpa lemak

Adanya lemak pada daging cenderung memiliki kolesterol yang tinggi. Oleh sebab itulah, konsumsilah daging tanpa lemak yang memiliki manfaat lebih banyak daripada daging berlemak. Daging dipercaya mampu meningkatkan tekanan darah terutama bagi ibu hamil yang mengalami anemia serta membantu memenuhi kebutuhan lemak dalam tubuh.

Demikian deretan makanan untuk perkembangan otak janin dalam kandungan. Tentu saja setiap ibu menginginkan yang terbaik bagi bayinya dan anda dapat memulainy adengan memberikan nutrisi yang terbaik bagi calon bayi anda. Pastikan anda tidak mengalami defisiensi vitamin dan mineral serta jangan lupa menyeimbangkan seluruh menu di atas dengan mengkonsumsi air yang cukup. Pastikan makanan yang anda konsumsi bebas pengawet dan pemanis buatan.

2 komentar

Mantap infonya.
Makasih Nanapedia ☺

Sama2 bang, semoga bermanfaat

Pilihan

 
Back To Top