Cara Menghilangkan Sifat Pendiam dan Pemalu

Memiliki sifat pendiam dan pemalu dapat menjadi hambatan seseorang untuk bersosialisasi. Biasanya seseorang yang memiliki kedua sifat tersebut cenderung suka menyendiri dan tidak banyak bicara sehingga hubungan dengan lingkungan sekitar tidak terlalu baik. Meskipun begitu, terkadang orang pendiam pun juga ingin untuk menghilangkan sifat pemalunya.

Menghilangkan sifat pemalu dan pendiam bukanlah hal yang dapat dilakukan secara instan. Pasalnya orang dengan sifat tersebut memerlukan waktu yang cukup lama untuk berproses.

Nah, jika Anda termasuk orang pendiam dan pemalu, dan ingin menghilangkan sifat tersebut, berikut telah kami telah rangkum beberapa tips yang dapat Anda coba. Nah, langsung saja silahkan disimak.
Cara Menghilangkan Sifat Pendiam dan Pemalu
Tips Menghilangkan Sifat Pendiam dan Pemalu Secara Efektif

1. Bersosialisasi yang Lebih Intens Lagi

Bersosialisasi adalah hal yang sulit bagi orang yang memiliki sifat pemalu dan pendiam. Orang dengan sifat tersebut juga lebih nyaman untuk menyendiri dari pada bersosialisasi dengan sekelompok orang saja.

Untuk dapat menghilangkan sifat tersebut, Anda harus melatih diri dengan banyak bersosialisasi dan berbaur dengan lingkungan sekitar. Hal tersebut dapat melatih diri berbicara di publik dan berani mengungkapkan pendapat.

2. Latihan Membuka Obrolan

Bagi orang pemalu dan pendiam, membuka percakapan bukanlah suatu hal yang mudah. Pasalnya mereka biasaya merasa tidak percaya diri dan takut untuk membuka obrolan ataupun tidak tahu bagaimana cara untuk membuka percakapan. Alhasil, ia akan menunggu orang lain untuk membuka obrolan.

Untuk dapat mengatasi hal ini, tentu harus ada usaha untuk berani melakukan sesuatu. Latihan untuk membuka obrolan harus dilakukan agar terbiasa dan tidak malu berbicara dengan orang lain. Jika bertemu orang baru, berbasa-basilah dengan menanyakan nama ataupun melontarkan pertanyaan seperti “sudah lama nunggu mbak?” atau kalimat basa-basi lainnya. Dengan melatih diri membuka obrolan dengan orang lain, sifat pemalu akan sedikit demi sedikit teratasi.

3. Fokus pada Lawan Bicara

Hal penting selanjutnya yaitu untuk fokus pada lawan bicara. Biasanya orang yang pemlu dan pendiam cenderung fokus pada dirinya sendiri dengan berpikir topik atau pertanyaan apa yang akan dilontarkan selanjutnya. Hilangkanlah pikiran tersebut dan fokuslah pada lawan bicara Anda.

Salah satu cara agar membuat obrolan tetap mengalir yaitu untuk memberikan pertanyaan terbuka. Pertanyaan terbuka tidak terbatas pada jawaban iya atau tidak saja, melainkan membutuhkan jawaban yang lebih panjang. Salah satu contohnya seperti “Kenapa suka makeup Korea?” daripada pertanyaan “Suka produk Korea juga ya?” Dengan begitu, orientasi pembicaraan lebih cenderung ke lawan bicara daripada diri sendiri.

4. Beranikan Diri untuk Ikut Serta dalam Obrolan

Individu pemalu biasanya takut untuk mengungkapkan pendapat di depan publik. Umumnya dalam suatu obrolan yang melibatkan banyak pihak, orang yang pendiam dan pemalu hanya sekedar mendengarkan tanpa ikut serta dalam diskusi. Jika diteruskan, maka keberadaan seseorang tersebut dapat tenggelam dan tidak dianggap dalam tim.

Pada sebuah diskusi, jika Anda termasuk orang yang pendiam dan pemalu usahakan untuk tetap ambil bagian dalam diskusi tersebut. Berikan kontribusi meskipun sedikit dengan memberikan beberapa pendapat atau pandangan pribadi. Jika tidak ada pendapat, bisa pula memberikan dukungan pada pendapat rekan dan alasan mengapa setuju dengan pendapat tersebut. Paksakan diri Anda untuk keluar dari zona nyaman agar terlatih dan tidak malu untuk berbicara di depan publik.

5. Latihan Berbicara dengan Percaya Diri

Berbicara dengan percaya diri adalah cara penting untuk menghilangkan rasa pemalu Anda. Untuk dapat berbicara dengan percaya diri, tentu Anda harus banyak melakukan kegiatan berbicara dan bersosialisasi dengan bermacam sifat lawan bicara. Semakin Anda terlatih, maka semakin percaya diri pula Anda.

Latihlah pula bahasa tubuh ketika berbicara. Gerakan tangan serta tatapan mata adalah suatu hal yang penting saat berbicara dengan orang lain. Buatlah kontak mata ketika berbicara serta gerakan tangan agar terlihat natural dan percaya diri. Anda dapat melatih diri sendiri di hadapan cermin agar bisa menilai bahasa tubuh Anda.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sifat pendiam dan pemalu. Usahakan untuk berusaha semaksimal mungkin keluar dari zona nyaman Anda, guna menerapkan tips diatas, maka perlahan namun pasti, sifat buruk tersebut akan berkurang secara signifikan. Terus latihlah diri Anda dan jangan sampai menyerah. 

2 komentar

Wah... aku termasuk pendiam dan pemalu. Kudu banyak latihan berbicara di depan umum.

Semoga kakak orang yang pemberani hehe

Pilihan

 
Back To Top