Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Agar Cerdas

Ada banyak cara untuk mendidik anak usia 3 tahun agar cerdas, namun tentunya itu memang bukan hal yang mudah. Karena seorang anak berusia 3 tahun biasanya sedang mengalami masa-masa sebagai anak yang cukup ekstrim dalam membantah ketika diberi nasihat, serta merasa paling benar dan harus menjadi yang paling terpenuhi kebutuhannya. 

Ia selalu ingin didengarkan dan disanjung. Namun tentu saja anda sebagai orang tua yang bijak, tidak melulu menuruti semua kemauannya. Nah, terkait cara mendidik anak usia 3 tahun agar cerdas, berikut kami bagikan beberapa tipsnya.
Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Agar Cerdas
Tips Mendidik Anak Usia 3 Tahun Agar Cerdas

1. Pahami Kebutuhan Utamanya

Kesalahan yang ada pada anak adalah akibat kelalaian orang tua. Ingatlah bahwa anak yang berusia 3 tahun belum dapat menentukan yang manakah yang menjadi kebutuhan utama mereka? Disinilah fungsi anda sebagai orang tua. Anda bukan berarti harus memanjakannya, akan tetapi anda harus mendampinginya untuk memenuhi kebutuhan utamanya. Contohnya anda dapat menyiapkan keperluan makan sang anak akan tetapi biarkan anak tersebut mrmgambil makanan sendiri dengan sendoknya.

2.  Berikan Waktu Istirahat

Istirahat yang cukup akan membantu anak anda dalam tetap fokus dan bersemangat dalam menjalani aktivitas. Oleh sebab itulah anda harus memberikan ia waktu istirahta yang cukup. Kapan waktu yang tepat untuk beristirahat? Mereka harus mulai dibiasakan untuk mengetahui waktu istirahat dan waktu bermain mereka tanpa harus rewel terlebnih dahulu. Ada banyak anak berusia 3 tahun yang masih rewel ketika hendak tidur. 

3. Ajarkan Ilmu Agama

Agama merupakan pondasi dari sikap dan karakter. Sekalipun anak anda di usia 3 tahun ini belum memahami arti dari sebuah kitab namun anda harus sudah mulai membiasakannya dengan kitab suci. Ada beberapa doa sehari-hari yang mudah untuk diajarkan kepada anak usia 3 tahun dan salah satu cara mendidik anak usia 3 tahun agar cerdas adalah dengan mengajarkan ilmu agama kepada mereka. 

4. Etika

Anda harus memperhatikan etika anak anda karena hal ini merupakan hal yang paling penting namun kerap diselepekan. Dengan beretika yang baik, publik pun menjadi mengerti bagaimana keseharian anda sebagai orang tuanya di rumah karena etika anak merupakan etika yang ia aplikasikan dan contoh dari apa yang ia kerap lihat. 

5. Berolahraga

Sekalipun anda merasa tidak perlu mengajarkan anak usia 3 tahun untuk berolahraga, namun anda dapat menmulai dengan melakukan olahraga ringan seprti bersepeda karena dapat menanamkan kebiasaan baik pada anak. 

6. Berpakaian yang baik

Tentu saja dengan mengajarkan berpakaian yang baik ia menjadi menghargai dirinya sendiri. Tanpa memperdulikan cuaca panas maupun dingin, berpakaian yang baik dan lengkap akan mengajarkan anak betapa penting dan berharganya dirinya sendiri. 

7. Berbicara dengan Benar

Tanpa anda sadari anda kerap mengubah penamaan sebuah benda ataupun kata seperti ‘susu’ menjadi ‘cucu’, sakit menjadi ‘atit’ dan sebagainya. Hendaklah anda berhenti mencadelkan pengucapan sebuah benda ataupun kata karena hal ini tentu sangat berdampak hingga ia beranjak besar. 

8. Bermain dengan Level Berbeda

Ada banyak permainan yang dapat dilakukan anak-anak namun saat di usia 3 tahun, anda sebaiknya mulai mengubah level permainan anak anda. Ia sudah mulai bersikap keras kepala dan melanggar peraturan. Oleh sebab itu, saatnya bermain permainan yang sedikit lebih menantang daripada yang biasanya ia mainkan ketika berusia lebih kecil. Contohnya adalah ketika dulu ia terbiasa bermain menggunakan koin ‘odong-odong’ kini anda dapat mengajaknya bermain ‘balap mobil’. 

Setiap orang tua tentunya memiliki cara mendidik masing-masing. Anda pun mungkin juga memiliki cara tersendiri untuk mendidik anak anda sesuai dengan tradisi yang ada. Namun satu hal yang terpenting adalah mengajarkan juga kepada anak tentang langkah-langkah melakukan ibadah dan alasan di balik melakukan kegiatan tersebut. 

Selain itu, ada beberapa hal lagi terkait budaya yang juga harus dipahami anak anda seperti larangan bermain di luar rumah saat senja tiba dan sebagainya. Nah, itu dia beberapa tips atau cara mendidik anak usia 3 tahun agar cerdas dan mandiri. Semoga berhasil bunda.

Pilihan

 
Back To Top