Cara Mendidik Anak Supaya Pintar dan Penurut

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendidik anak agar pintar dan penurut. Cara-cara tersebut tidaklah sulit untuk dilakukan. Pertama-tama semua harus dimulai dari diri orang tuanya terlebih dahulu. Ketika kita sebagai orang tua dapat menjadi dan menunjukkan bahwa kita adalah orang tua yang baik, maka anak pun cenderung akan meniru tingkah laku dan karakter kita. 

Nah, untuk lebih jelasnya tentang cara mendidik anak supaya pintar dan penurut, berikut kami bagikan ulasannya.
Cara Mendidik Anak Supaya Pintar dan Penurut
Tips Mendidik Anak Supaya Pintar dan Penurut

1. Berbicara dengan Cerdas

Jadilah orang tua yang mampu berbicara dengan cerdas kepada anak anda dimulai sejak ia masih bayi. Seorang bayi, sekalipun ia belum dapat menjawab dan memahami apa yang orang tuanya maksud dan katakan, namun ia mampu merespon anda dengan gerakan tangannya dan mampu menjadi pendengar yang baik. Ketika anda selalu berbicara tentang hal-hal yang positif, maka kecerdasan anak anda nantinya pun akan menuju ke arah positif. 

2 . Menghindari Memarahi dan Berbicara Keras

Ketika anda ingin membentuk karakter seorang anak menjadi anak yang penurut dan cerdas, maka anda tidak diperkenankan memarahinya maupun berbicara keras padanya. Anak anda hanya akan menjadi anak yang pembambangkang ketika anda kerap memarahinya dan berbicara keras padanya. Lambat laun ia akan menjadi anak yang gemar melawan orangtuanya. Maka cara mendidik anak menjadi pintar dan penurut yang kedua adalah dimulai dari diri anda sendiri terlebih dahulu dalam hal mengontrol emosi anda.

Bijaklah memilih kata-kata ketika anda marah dan jangan sekali-kali memukul anak anda. Hal tersebut hanya akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi perkembangan fisik dan psikologisnya. Menahan diri juga bukan berarti anda harus selalu menuruti keinginan anak anda. Ada baiknya anda berhati-hati dalam hal menuruti kemauan anak.

3 . Makanan yang Tepat

Dalam jiwa yang sehat terdapat raga yang kuat. Tentu anda kerap mendengar hal ini, bukan? Anda dapat membentuk anak anda menjadi anak yang cerdas dengan memberikannya asupan yang bergizi dan bernutrisi bagi kecerdasannya. Contoh makanan tersebut antara lain adalah ikan salmon, oatmeal, dan sayuran hijau. Tentu saja asupan gizi menjadi faktor yang memiliki peranan penting bagi kecerdasan anak anda.

4. Ajarkan Ilmu Agama Sejak Dini

Dengan menanamkan rasa cinta kepada Tuhan yang Maha Esa dan ajaran-ajaran baik yang diajarkan dalam agama, maka anda secara tidak langsung telah mengajarkan anak anda agar menjadi anak yang penurut. Menurut disini artinya adalah anak anda telah terbiasa menuruti perintahNya. Secara tidak langsung adalah ia akan menuruti pula perintah anda karena dengan menuruti perintah anda maka hal tersebut adalah satu bagian dari menuruti perintahNya perihal berbakti kepada orang tua. 

5. Berikan Tontonan yang Mendidik

Anda juga dapat memperhatikan tontonan anak anda. Ketika faktor lingkungan tidak mendukung, maka akan sangat sulit untuk membentuk anak menjadi anak yang pintar dan penurut secara maksimal. Oleh sebab itulah anda sebaiknya juga memperhatikan kondisi di sekitar anak, mulai dari tontonan anak hingga lingkungan anak. Saat ini telah banyak tontonan yang mendidik sekaligus mengajarkan anak anda mengenai banyak hal yang terdapat di alam mulai dari sekolah alam maupun TV edukasi. 

Waktu yang paling efektif untuk mengajarkan anak dan membentuk anak anda agar menjadi cerdas adalah pada masa golden age yaitu usia 0 hingga 5 tahun dan sebagian ahli mengatakan bahwa masa tersebut adalah dimulai dari usia 0-7 tahun.

Beberapa cara mendidik anak agar cerdas dan mandiri terkadang memang memiliki tantangan tersendiri. Setiap anak membutuhkan penanganan yang berbeda-beda dan satu hal yang oerlu anda pahami adalah bagaimana anda tetap sabar dengan segala tingkah polah anak anda. Bayi sekalipun tidak akan terus-terusan nampak menyenangkan. 

Saat ia mulai rewel, itu artinya anda harus menahan emosi anda dan tetap memberikan arahan yang positif dan cerdas dalam menghadapi situasi tersebut. Anda harus yakin dan percaya bahwa semua yang anda lakukan merupakan langkah awal dalam membentuk karakter anak anda hingga ia dewasa.

Pilihan

 
Back To Top