Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu situs belanja online terpadu yang telah kurang lebih 9 tahun menyediakan platform online shop gratis untuk para pedagang sekaligus menyediakan pilihan aneka produk dari beragam kategori yang bisa dibilang sangat lengkap. Ditambah lagi dengan berbagai fitur yang ada, yang pastinya tak hanya memudahkan proses transaksi tapi juga menjamin transaksi yang aman dan menyenangkan, membuat Tokopedia menjadi salah satu online marketplace yang paling digemari oleh masyarakat luas.

Cara untuk membeli produk-produk yang tersedia di Tokopedia juga sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan produk yang Anda inginkan ke dalam shopping cart, membayar produk tersebut dengan menggunakan fasilitas transfer bank atau E-banking, konfirmasi pembayaran, dan Anda tinggal duduk manis sambil menunggu hingga barang pesanan Anda tiba di rumah.
pengembalian uang tokopedia
Namun, bagaimana jika karena beberapa hal/alasan Anda ingin membatalkan pesanan di Tokopedia? Apakah bisa?

Tenang, bisa kok. Nah untuk penjelasan lengkapnya bisa simak ulasan yang akan kami bagikan ini.

Untuk mengetahui cara pembatalan pesanan di Tokopedia, pertama-tama Anda harus tahu bahwa ada beberapa kondisi dimana Anda tidak mungkin untuk membatalkan pesanan. Tapi, apabila Anda belum checkout, maka besar kemungkinan Anda dapat membatalkan barang pesanan Anda. Karena, barang-barang yang ada di dalam shopping cart belum berarti sudah terbeli. Ibaratnya Anda baru saja mengambil dan meletakkan barang tersebut di dalam troli belanja tapi Anda belum melakukan pembayaran di kasir.

Jika di toko Anda bisa mengembalikan barang tersebut di rak-nya, di Tokopedia Anda tinggal menghapus barang tertentu yang tidak jadi Anda beli. Caranya, pertama-tama login terlebih dahulu ke akun Tokopedia Anda. Setelah itu, arahkan kursor ke ikon Troli yang ada di akun Tokopedia Anda. Untuk melihat semua daftar barang yang ada di dalamnya, klik Lihat Semua. Setelah itu Anda tinggal mencari barang apa saja yang ingin Anda batalkan.

Sudah menemukannya? Nah, langkah selanjutnya Anda tinggal menekan tombol Hapus pada sisi pojok kanan dari nama item yang ingin Anda hilangkan. Lakukan hal yang sama pada beberapa items lain yang ingin Anda hapus. Atau, Anda juga bisa memilih perintah Hapus Semua untuk membatalkan seluruh produk yang dipesan dari toko yang sama.

Lantas, bagaimana jika sudah terlanjur melakukan pembayaran namun karena suatu sebab, ingin membatalkan pesanan? Apa bisa?

Wah, kalau kasusnya seperti ini, memang sedikit rumit. Karena secara aturan, begitu Anda sudah melakukan pembayaran dan konfirmasi maka transaksi sudah dianggap final dan begitu penjual menerima konfirmasi pembayaran Anda, maka mereka akan langsung mengirimkan barang pesanan Anda.

Benarkah tidak ada cara membatalkan pembelian di Tokopedia lainnya yang bisa dijadikan sebagai solusi/alternatif jalan keluar? Sebenarnya bisa saja, namun langkah satu ini tidak bisa dipastikan keberhasilannya.  Karena ini tergantung kemampuan berunding/bernegosiasi Anda dengan penjual. Dengan menggunakan fitur Tanya Penjual, Anda dapat langsung menghubungi penjual untuk bertanya bisa tidaknya pesanan yang sudah terkonfirmasi tersebut dibatalkan.

Beberapa penjual mungkin bersikap legowo dan bersedia untuk membatalkan pesanan serta mengembalikan uang Anda. Tapi jangan heran jika penjual menolak untuk membatalkan barang yang sudah dipesan tersebut. Dengan membatalkan pesanan, apalagi yang sudah dibayar, itu berarti menarik kembali keuntungan dari penjual tersebut. Dan tidak semua orang bisa menerimanya dengan lapang hati. Terlebih jika si penjual sudah terlanjur mengirimkan produk pesanan Anda, maka membatalkan pesanan sepertinya merupakan hal yang tak mungkin.

Nah, itulah ulasan yang bisa nanapedia bagikan terkait cara membatalkan pesanan di Tokopedia. Semoga informasi ini bermanfaat, dan pastikan sebelum memutuskan membeli dipikir dulu dengan matang, agar jangan sampai terjadi kasus seperti diatas.

Pilihan

 
Back To Top