Cara Beternak Puyuh Petelur Untuk Pemula

Saat ini budidaya puyuh petelur banyak di geluti, sebab potensi keuntungannya cukup menggiurkan. Terlebih peminat akan jenis telur ini begitu besar, sehingga tidak sulit pemasarannya. Nah, bagi anda  yang tertarik untuk menggeluti usaha  budidaya burung puyuh ini, berikut kami bagikan beberapa tips yang bisa anda terapkan.
Cara Beternak Puyuh Petelur Untuk Pemula
Panduan Beternak Puyuh Petelur Bagi Pemula

1. Menyiapkan kandang

Hal pertama yang harus anda persiapakan dalam setiap budidaya hewan, tentu saja persiapan kandang atau tempat untuk budidaya. Untuk membuat kandang burung puyuh  sendiri, bisa anda buat menggunakan beberapa  bahan seperti kayu, kawat dan beberapa peralatan pendudukung lain.

Namun, pembuatan kandang puyuh pun tidak bisa dibuat sembarang, anda harus tahu standart kandang yang ideal. Untuk membuat kandang indukan Puyuh hampir sama dengan membuat kandang burung Walet yaitu dengan ukuran 2x 0.5 meter dengan jumlah 5 lantai. Setiap lantai pada kandang burung Puyuh diberikan penghalang yang bisa terbuat dari triplek untuk menampung kotoran dari Puyuh. Dan usahakan triplek atau penampung tersebut mudah dibersihkan.

Untuk bagian dinding kandang, anda bisa menggunakanan bambu atau bisa juga dari kawat. Sehingga sirkulasi udara pada kandang menjadi maksimal. Dan jangan lupa juga, bagian kaki kandang agak dibuat tinggi, untuk  mencegah kandang puyuh dari genangan air atau lembab. 

Berikutnya Anda juga perlu membuat tempat pakan puyuh, dengan memperhatikan  lubang tempat masuk kepala puyuh tersebut. Lubang kepala puyuh yang benar perlu diperhatikan  agar Puyuh lebih leluasa dalam mengambil makan di tempat pakan yang anda buat. Untuk tempat minum burung puyuh, bisa anda  letakan di  bagian samping pada setiap 1 lantai kandang. 

Kemudian untuk pemberian minum puyuh,  ganti air minum puyuh sebanyak 1 hari sekali antara pagi hari atau sore hari. Sedangkan  untuk pemberian makanan burung puyuh tersebut juga sama seperti pemberian minum di lakukan pagi hari atau sore hari.

2. Pemilihan Bibit Unggul

Setelah anda membuat kandang yang ideal, maka yang perlu anda lakukan  selanjutnya adalah pemilihan bibit unggul untuk perindukan burung puyuh. Persentase keberhasilan dari budidaya puyuh ini ditentukan dari pemilihan indukan yang berkualitas baik atau unggul. Jika anda melakukan budidaya burung puyuh untuk melakukan produksi daging, maka di pilih indukan puyuh betina dan jantan afkiran atau yang sudah tidak produktif lagi menghasilkan telur. 

Nah, berbeda lagi jika anda melakukan budidaya telur puyuh untuk pengoptimalan produksi telur yang di tetas atau pembibitan,  maka pilihlah puyuh betina yang sangat aktif dan baik dalam tingkat kualitas produksi telurnya dan para jantan yang tentunya akan sehat dan siap untuk membuahi para puyuh betina supaya bisa menetaskan telur yang berkualitas terbaik. kan puyuh betina yang bebas dari berbagai penyakit bawaan dan sehat.

3. Memelihara Burung Puyuh

Langkah yang paling utama dalam memelihara burung puyuh ini adalah memilihara dan juga perawatan yang terbaik bagi burung puyuh petelur. Tujuan pemeliharaan tersebut adalah  agar puyuh bisa memproduksi terlur yang terbaik dan memiliki kualitas baik.  Nah, dalam pemeliharaan burung puyuh ini ada beberapa hal yang penting diperhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Pemberian Pakan

Apa makanan yang baik untuk burung puyuh? Nah, untuk Pemberian pakan burung puyuh, anda  ini bisa berupa pallet , remah-remah dan juga tepung.  Pakan tersebut memuat kondisi burung putyuh kita tetap sehat dan juga nutrisi yang di butuhkan oleh burung juga cukup. Jika burung puyuh yang anda rawat masih  anakan  maka sebaiknya dalam memberikan makan cukup 2x sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari. Beda lagi untuk burung puyuh indukan  atau dewasa, anda  memberikan pakan  hanya 1 kali saja dalam sehari.

Pembuatan sanitasi dan pencegahan

Pembuatan sanitasi pada kandang burung puyuh merupakan cara untuk mencegah datangnya beberapa penyakit yang di sebabkan oleh banyak hal seperti virus ataupun baketeri . pencegahan virus ini bisa dilakukan  dengan cara menyemprotokan pembunuh serangga pada sekitaran area kandang dan juga bualah lokasi pada kandang puyuh tersebut. 

Penerangan kandang

Nah, apabila anda menempatkan kandang puyuh ini di sebuah tempat seperti gudang yang tidak terpakai maka akan membutuhkan  penerangan yang cukup. Tujuan penerangan ini adalah   agar kandang yang ada di dalam ruangan bisa anda kontrol karena bisa jadi  ada binatang mematikan yang menyusup dan membunuh puyuh anda. Jenis penerangan kandang puyuh  pun bisa anda pilih apakah akan menggunakan penerangan 1 saja tapi kuat,  atau anda memilih dengan menggunakan lampu pijar 5 watt kecil  untuk mengerangi tiap lantai dari kandang puyuh.

Selain penerangan yang memadai dari lampu , ada penerangan lain yang wajib di berikan kepada puyuh yaitu penerangan alami dari sinar matahari. Penerangan sinar matahari pada kandang puyuh  adalah hal yang paling wajib  agar puyuh mendapat vitamin D dari paparan sinar matahari pagi.

Nah, itulah diatas adalah sedikit ulasan tentang cara beternak telur puyuh bagi pemula. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya! Good luck. 

2 komentar

Pilihan

 
Back To Top