9 Cara Agar Anak Gemuk Sehat dan Cerdas

Agar sang buah hati menjadi anak yang gemuk, sehat dan cerdas, salah satunya ditentukan oleh nutrisi yang anda berikan sehari-hari. Namun perlu diketahui, yang di maksud gemuk di sini adalah gemuk yang sehat, dan gemuknya tidak berlebihan mengarah pada obesitas.

Nah untuk lebih jelasnya, terkait tips agar anak gemuk dan sehat, berikut kami bagikan beberapa diantaranya. Silahkan disimak.
 Agar Anak Gemuk Sehat dan Cerdas
Tips Agar Anak Gemuk, Sehat serta Cerdas

1. Megatur Jadwal Makan Anak Secara Tepat

Agar anak gemuk, sehat dan cerdas maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengatur jadwal makan anak, secara tepat. Pastikan anak anda makan makanan yang bergizi 3 kali seharinya. 

2. Memberi Asupan Lemak yang Sehat

Sebaiknya anda menggunakan lemak yang sehat seperti mentega, margarin, lemak pada kacang-kacangan, minyak zaitun, serta alpukat. Sebab deretan makanan tersebut diyakini memiliki kandungan lemak yang sehat, yang menjauhkan anak anda dari obesitas dan kolesterol tinggi.

3. Memberi Jus Buah Sehat

Buah-buahan tidak hanya digunakan untuk diet sehat tetapi juga untuk membantu anak anda cerdas dan gemuk namun tetap sehat. Caranya adalah anda dapat membuat jus dari beraneka macam buah, atau akan lebih bagus jika anda menambahkan yogurt, serta membuat smoothie sayuran yang dicampur dengan buah-buahan sehat.

4. Menjauhkan Anak dari Makanan Instan atau Cepat Saji

Makanan cepat saji mengandung gula, garam, dan lemak jenuh yang tinggi sehingga jika anda ingin sang anak sehat, gemuk dan cerdas maka sebaiknya hindari jenis makanan ini. Jika perlu tiap kali anak sekolah, luangkan waktu untuk menyiapkan bekal makanan, agar sang anak tidak jajan sembarangan di kantin.

5. Jika Perlu Berikan Vitamin Penambah Nafsu Makan

Bisa dibilang, cara ini merupakan cara yang sangat efektif untuk membuat sang anak menjadi gemuk, sehat dan cerdas, terutama bagi anak yang baru saja sembuh dari sakit. Biasanya sehabis sakit, kondisi tubuh masih lemah dan agak kurus. 

Untuk itu, sebaiknya berikan asupan vitamin serta penambah nafsu makan, agar kondisinya segera pulih dan nafsu makannya meningkat. Tetapi jangan sembarangan dalam memilih vitamin, jangan hanya tergiur iklan di TV. Sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter yang telah berpengalaman.

6. Hindari Stress

Tidak hanya soal asupan gizi yang perlu ditekankan pada anak anda, akan tetapi juga mengenai stress. Jauhkan anak anda dari stress terutama stress berat akibat masalah keluarga ataupun masalah di sekolahnya. Idealnya beberapa bulan sekali, terutama saat liburan sekolah tiba anda mengajak sang buah hati liburan selama beberapa hari.

7. Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup tentunya akan membantu anak anda menjadi lebih sehat dan cerdas. Selain itu, istirahat yang cukup juga dapat membantu anak anda mencapai berat badan yang ideal. Dengan istirahat yang cukup, anak akan menjadi segar kembali dalam menghadapi hari-hari dan rutinitasnya. 

8. Minum Susu

Terdapat beberapa jenis susu untuk anak yang diformulasikan sebagai susu penambah berat badan. Mungkin anda dapat mencoba susu jenis ini, namun sebaiknya kondisi berat badan selalu di pantau. Jangan sampai anak menjadi terlalu gemuk akibat konsumsi susu penggemuk yang berlebihan. 

Oya, waktu terbaik yang sangat dianjurkan untuk memberikan susu ini adalah saat  menjelang tidur. Dengan begitu sel-sel tersebut dapat bekerja dengan maksimal untuk membantu tumbuh kembang anak secara maksimal. 

9. Pergi ke Dokter anak

Bila cara di atas telah di lakukan dan anak tetap kurus, maka sebaiknya anda mempertimbangkan untuk pergi ke dokter anak, atau ahli gizi. Ceritakan semua hal tentang anak anda, dan upaya apa yang telah anda lakukan selama ini. 

Nantinya dokter akan melakukan diagnosa terhadap anak anda, apakah ada hal lain yang menghambat tumbuh kembangnya selama ini, atau hanya karena pola makan dan asupannya saja yang kurang sesuai dengan standart. Intinya dokter akan  memberikan beberapa saran terbaik yang harus anda lakukan agar tumbuh kembang sang anak bisa maksimal. 

Nah, itu dia beragam tips atau cara agar anak gemuk sehat dan cerdas. Pastinya semua orang tua mendambakan kondisi buah hatinya seperti itu bukan? Jadi, jangan ragu menerapkan satu persatu cara diatas, dan penting untuk anda ketahui, jangan tergiur dengan berbagai iklan di TV tentang mulitivitamun, suplemen atau apapun itu yang katanya bisa membuat tumbuh kembang anak berjalan maksimal. Karenanya nyatanya asupan dari bahan-bahan alamilah yang tetap terbaik untuk si kecil.

Pilihan

 
Back To Top