10 Definisi Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Kata ‘kepemimpinan’ pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda karena kata tersebut sudah sangat lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Contoh sederhananya adalah kepemimpinan dalam suatu perusahaan, organisasi, pemerintahan, hingga kepemimpinan dalam lingkup kelompok masyarakat terkecil, yakni keluarga. 

Namun, tahukah Anda apa sebenarnya definisi dari kepemimpinan itu sendiri? Pastinya banyak diantara pembaca yang belum mengerti tentang hal ini. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai apa itu definisi dari kepemimpinan menurut pendapat yang dikemukakan oleh para ahli. Nah, berikut ulasan lengkapnya. 
Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli
Definisi Kepemimpinan Menurut Para Ahli

1. George R. Terry

George R. Terry berpendapat bahwa kepemimpinan adalah aktivitas mempengaruhi orang banyak yang bertujuan untuk mengarahkan orang-orang tersebut bekerja bersama mencapai tujuan suatu organisasi. 

2. Hemhiel dan Coons

Hemiel dan Coons menyatakan bahwa kepemimpinan adalah tindakan yang dilakukan oleh seseorang yang memimpin kegiatan atau aktivitas suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama (shared goal) agar diraih secara bersama-sama. 

3. Ralph M. Stogdill

Definis kepemimpinan menurut Ralph M. Stogdill yaitu suatu proses mempengaruhi dalam aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi dalam usaha mereka untuk menetapkan dan mencapai tujuan tertentu. 

4. Sutarto

Menurut Sutarto, definisi kepemimpinan adalah proses kegiatan penataan yang meliputi kemampuan untuk mempengaruhi perilaku atau tindakan yang dilakukan orang lain agar mau bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. 

5. Stoner

Stoner mendefinisikan kepemimpinan sebagai suatu proses yang memiliki kaitan dengan pengarahan serta usaha untuk mempengaruhi kegiatan atau aktivitas yang berhubungan dengan anggota suatu kelompok. 

6. Rauch dan Behling

Menurut Rauch dan Behling, definisi kepemimpinan adalah suatu kegiatan atau proses untuk mempengaruhi kegiatan suatu kelompok agar dapat mencapai suatu tujuan tertentu.

7. Jacobs dan Jacques

Menurut pendapat Jacobs dan Jacques, definisi kepemimpinan ialah suatu rangkaian proses untuk mempengaruhi orang lain agar menghasilkan suatu usaha kolektif atau usaha bersama yang menghasilkan dampak berupa kesediaan untuk melakukan usaha yang dikehendaki agar dapat mencapai sasaran yang telah ditetapkan. 

8. Koontz dan O’donnel

Koontz dan O’donnel mengemukakan bahwa definisi kepemimpinan adalah suatu rangkaian proses berupa kegiatan untuk mempengaruhi sekelompok orang sehingga bersedia untuk bekerja dengan sungguh-sungguh agar dapat mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan oleh kelompok tersebut. 

9. Wexley dan Yuki

Wexley dan Yuki berpendapat bahwa arti dari kepemimpinan adalah usaha untuk mempengaruhi orang lain agar mau mengerahkan segenap tenaga serta pikiran dalam menyelesaikan tugas atau mengubah perilaku mereka.  

10 Fiedler

Menurut Fiedler, pada dasarnya kepemimpinan merupakan pola hubungan antara individu satu dengan individu lainnnya yang menggunakan wewenang serta pengaruh yang dimiliki terhadap sekelompok orang agar mau bekerja bersama untuk meraih tujuan yang ingin dicapai.  

Inti dari kepemimpinan adalah ilmu atau kemampuan serta seni untuk mempengaruhi orang lain atau kelompok tertentu untuk berperilaku sesuai dengan yang diharapkan demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara bersama-sama

Tujuan Kepemimpinan

Setelah mengetahui definisi kepemimpinan yang dikemukakan oleh para ahli, alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui apa saja tujuan kepemimpinan. Secara umum, tujuan adanya kepemimpinan antara lain:

1. Sebagai sarana untuk mencapai tujuan yang dikehendaki. Suatu tujuan yang ingin diraih oleh suatu kelompok dapat tercapai jika terorganisasi dengan baik. Dengan sistem kepemimpinan yang baik, kelompok tersebut akan mampu mencapai tujuannya sesuai dengan yang diharapkan. 

2. Kepemimpinan juga bertujuan untuk mempertahankan, menegakkan kembali, meningkatkan serta memperkuat motivasi para anggota kelompok agar selalu bersemangat dalam mencapai tujuan yang dimiliki kelompok tersebut. 

Fungsi Kepemimpinan

Lalu, apa saja fungsi dari kepemimpinan? Fungsi kepemimpinan sendiri pada dasarnya terdiri dari 2 aspek, antara lain sebagai berikut:

1. Fungsi administrasi, yaitu untuk mengadakan formulasi atau pembentukan kebijakan administrasi serta berfungsi untuk menyediakan fasilitasnya. 

2. Fungsi sebagai top manajemen, yaitu fungsi untuk mengadakan planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), staffing (pembagian staff), directing (pengarahan), commanding (perintah), controlling (pengendalian), dan lain sebagainya. 

Itulah beberapa pengertian kepemimpinan menurut para ahli. Suatu kepemimpinan yang baik akan menghasilkan motivasi yang positif bagi para idividu yang terlibat di dalamnya untuk mencapai suatu tujuan secara efektif dan efisien.

Pilihan

 
Back To Top