Cara Pelunasan Kredit Motor FIF Sebelum Waktunya

Jumlah pengendara sepeda bermotor di Indonesia dari tahun ke tahun semakin menampakkan peningkatan. Industri otomotif pun mengalami perkembangan yang sangat pesat. Salah satu penyebabnya adalah karena saat ini pembeli semakin dipermudah, dengan maraknya sistem pembelian secara kredir atau angsuran. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan kredit tersebut, salah satunya yang paling terkenal adalah FIF Group. 

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam melakukan pembelian secara kredit, FIF Group menyediakan 2 pilihan pelayanan yaitu SPEKTRA dan FIFASTRA. SPEKTRA adalah bagian jasa layanan FIF yang bertanggung jawab terhadap pembiayaan multi-produk, mulai dari peralatan elektronik hingga furniture. Sedangkan FIFASTRA adalah bagian jasa layanan yang melayani pembelian sepeda motor dengan sistem kredit.

Jika Anda baru pertama kali ini menggunakan layanan FIFASTRA, Anda mungkin masih merasa bingung dengan cara melunasi kredit motor sebelum waktunya di FIF. Ternyata caranya sangat mudah. Anda bisa langsung mendatangi kantor cabang FIF yang ada di kota Anda. Atau, kalaupun kantor tersebut terletak lumayan jauh, Anda bisa menggunakan sistem pembayaran alternatif. 
pelunasan kredit motor fif sebelum waktunya
Jika Anda merupakan nasabah dari bank BCA, Anda bisa melunasi kredit motor Anda melalui transfer lewat rekening ATM. Nah, berikut adalah langkah-langkah cara pelunasan kredit motor FIF sebelum waktunya via ATM Bank BCA.

1. Pertama-tama gunakan mesin ATM seperti biasanya

2. Setelah memasukkan nomor PIN, pilih menu “TRANSAKSI LAINNYA”

3. Kemudian pilih opsi “PEMBAYARAN”

4. Pada menu yang tersedia pilih menu “PINJAMAN”

5. Nanti akan tersaji nama-nama perusahaan kredit motor yang ada di Indonesia Pilih menu “FIF”

6. Masukkan nomor kontrak Anda dan untuk finalisasi transaksi tekan “BENAR”

7. Setelah transaksi dinyatakan sukses, ambil kartu ATM dan struk. Simpan struk baik-baik sebagai bukti pembayaran yang sah. 

***

Selain menggunakan ATM Bank BCA, Anda juga bisa menggunakan layanan dari Bank BRI. Layanan ini sudah pasti hanya bisa dilakukan jika Anda merupakan nasabah dari bank BRI. Berikut adalah prosedurnya.

1. Operasikan mesin ATM BRI seperti biasanya

2. Setelah memasukkan nomor PIN tekan menu “TRANSAKSI LAINNYA”

3. Kemudian, pilih menu “PEMBAYARAN” dan lanjutkan dengan memilih menu “CICILAN MOTOR”

4. Dari menu lanjutan yang tersedia, pilih menu “FIF”

5. Masukkan nomor kontrak Anda. Cek lagi nomor yang sudah dimasukkan sebelum Anda menekan opsi “BENAR”

6. Nantinya akan muncul notifikasi untuk mengkonfirmasi transaksi Anda, tekan “BENAR” dan tunggu hingga transaksi dinyatakan sukses

7. Ambil kartu ATM dan struk. Simpan struk sebagai bukti pembayaran sah. 

***

Jika Anda merupakan nasabah dari beberapa bank, biasanya Anda akan memilih menggunakan layanan ATM Permata untuk memudahkan transaksi Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Lakukan langkah-langkah pertama Anda menggunakan layanan ATM seperti biasanya

2. Setelah memasukkan nomor PIN, pilih menu “PEMBAYARAN”

3. Selanjutnya, pilih menu “CICILAN”, dan lanjutkan dengan memilih menu “Federal Inti Finance”

4. Masukkan nomor kontrak di kolom yang tersedia, setelah itu tekan “Benar”

5. Masukkan jumlah uang dan pilih rekening yang ingin Anda gunakan 

6. Tunggu hingga transaksi Anda dinyatakan sukses, baru akhiri transaksi

7. Simpan struk pembayaran sebagai bukti pembayaran yang sah

***

Dan sekarang Anda bahkan bisa juga membayar pelunasan kredi tmotor Anda melalui Alfamart. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menunjukkan kartu pembayaran atau kwitansi pembayaran terakhir kepada petugas kasir Alfamart. Jangan lupa untuk memastikan bahwa nama dan nomor Kontrak yang tertera sudah sesuai. Setelah proses transaksi selesai, Anda akan diberi resi pembayaran sebagai bukti. Simpan lembaran resi tersebut baik-baik. 

Demikianlah beberapa tips dari nanapedia soal cara pelunasan kredit motor FIF sebelum waktunya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Jika ada yang ingin Anda tanyakan jang sungkan-sungkan untuk bertanya di kolom komentar. Pasti nanti akan kami balas. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di Blog ini.

3 komentar

Kalau kita melunasi sebelum jatuh tenor apa dapat cash back? ?

Bukan cash back, tapi biasanya bunga di hapuskan

Mau tanya min angsuran saya kurang 8 bulan tapi saya mau tutup angsuran. Kenapa ada pinalty nya. Mohon info nya. Thanks

Pilihan

 
Back To Top