Cara Pelunasan Kredit BRI Sebelum Jatuh Tempo

Berwirausaha merupakan salah satu profesi yang diimpi-impikan oleh kebanyakan orang, tak terkecuali bagi pegawai negeri atau PNS. Banyak dari mereka yang mengidamkan punya usaha yang dikelola sendiri, namun untuk itu tentunya mereka membutuhkan modal usaha. Selain meminta pinjaman kepada sanak saudara, tidak jarang mereka juga memberanikan diri untuk meminjam uang ke bank. Untungnya banyak bank di Indonesia, termasuk BRI yang menawarkan layanan pinjaman/kredit yang bisa Anda manfaatkan sebagai modal membuka usaha. 

Umumnya untuk melunasi biaya kredit tersebut, kita dianjurkan membayar rutin tiap bulanya sebelum tanggal jatuh tempo. Dan itu dilakukan hingga lunas, sesuai ketentuan yang berlaku. Namun, ada kalanya karena berbagai alasan tak jarang orang memutuskan melakukan pelunasan sebelum jatuh tempo. Nah mau tahu bagaimana cara pelunasan kredit BRI sebelum jatuh tempo? Berikut kami bagikan informasi selengkapnya.
melunasi Kredit di BRI Sebelum Jatuh Tempo
Hal yang Harus Ditanyakan Terlebih Dulu Sebelum Melakukan Pelunasan

Tapi sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara pelunasan kredit BRI sebelum jatuh tempo, ada satu hal yang harus Anda ketahui. Tiap bank menerapkan peraturan yang berbeda bagi nasabah yang ingin melunasi hutang kredit sebelum jatuh waktu tenor. Beberapa bank membolehkan dipercepatnya pelunasan dengan syarat jika cicilan sudah berjalan selama dua pertiga terhitung dari tenor pinjaman. Beberapa bank juga membolehkan percepatan pelunasan di waktu kapanpun. Tapi ada juga bank yang akan mengenakan denda penalti karena Anda melanggar perjanjian peminjaman.

Lantas untuk Bank BRI bagaimana? Itulah hal yang wajib Anda tanyakan kepada petugas sebelum menandatangani surat peminjaman. Jangan sampai Anda merasa tertipu hanya karena Anda kurang teliti dalam membaca surat perjanjian. Hal pertama yang harus Anda tanyakan adalah besarnya bunga yang dikenakan untuk KTA yang Anda pilih. Kenapa hal ini penting? Karena beban bunga tersebutlah yang nantinya akan menentukan besar-kecilnya cicilan Anda setiap bulan. 

Hal kedua yang harus Anda tanyakan adalah seberapa besar tenor pinjaman yang dibebankan pada Anda. Bergantung dari jenis pinjaman yang Anda ambil, tenor pinjaman yang dikenakan pun akan berbeda. Kredit Tanpa Agunan (KTA) misalnya, memilki masa tenor pinjaman yang jauh lebih singkat dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya. Menanyakan tenor masing-masing kredit pinjaman akan sangat berguna untuk mencegah keterkejutan dan ketidaksiapan dalam mengembalikan pinjaman tersebut.

Mengetahui waktu toleransi keterlambatan juga akan sangat bermanfaat untuk menghindari drama datangnya debt collector untuk menagih hutang. Tiap bank memilki toleransi keterlambatan yang berbeda-beda, dan tentunya mengetahui dengan jelas mengenai hal ini akan sangat membantu Anda dalam melunasi kredit Anda dengan tepat waktu.

Cara Pelunasan Kredit BRI Sebelum Jatuh Tempo

Lalu, bagaimanakah cara pelunasan kredit BRI sebelum jatuh tempo? Anda beberapa cara yang bisa dilakukan. Namun saran kami, anda terlebih dahulu mendatangi kantor bank tempat anda melakukan peminjaman. Setelah itu, minta penjelasan mengenai nominal yang harus dibayar bila ingin melunasi sebelum jatuh tempo.

Nah, baru kemudian anda melakukan pembayaran, dan minta bukti pelunasannya. Dan biasanya pihak bank akan menyerahkan surat berharga atau lainnya, yang anda gunakan sebagai jaminan.

Dan untuk pembayaran, anda juga bisa memilih melakukan pembayaran melalui ATM BRI. Nah, berikut panduannya.

1. Setelah memasukkan nomor PIN, pilihlah menu “TRANSAKSI LAIN”

2. Kemudian, pilih menu “PEMBAYARAN”

3. Dari daftar menu yang tersedia, tekan pilihan “KARTU KREDIT/KTA”

4. Dari menu Bank, pilih opsi “BRI”

5. Pada kolom yang tersedia, ketikkan 16 digit nomor Kartu Kredit Anda. 
Lanjutkan dengan menekan “YA”

6. Masukkan jumlah nominal uang yang ingin Anda bayarkan

7. Tekan “YA” untuk mengkonfirmasi pembayaran. 

***

Selain melalui ATM BRI, Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui ATM Bersama. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Setelah memasukkan nomor PIN, lanjutkan dengan memilih menuu “TRANSAKSI LAINNYA”

2. Kemudian, pilih menu “TRANSFER/PEMINDAHAN DANA”

3. Masukkan angka 002 (kode dari Bank BRI), dan masukkan 16 digit nomor dari kartu kredit Anda

4. Masukkan jumlah uang yang ingin Anda bayarkan

5. Jika Anda memiliki nomor Transfer, maka masukkan pada bagian selanjutnya. Jika tidak ada, Anda dapat langsung skip dengan memilih opsi “YA/BENAR”

6. Pilih opsi sumber pembayaran, kemudian tekan “YA/BENAR” untuk mengkonfirmasi pembayaran.

***

Demikianlah penjelasan dari nanapedia mengenai cara pelunasan kredit BRI sebelum jatuh tempo. Semoga informasi yang kami berikan memberikan manfaat bagi Anda. Jika Anda menemukan kendala dalam pelunasan kredit BRI, Anda bisa bertanya langsung di kolom komentar, pasti nantinya akan langsung kami jawab. Terimakasih.

Pilihan

 
Back To Top