Cara Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai Atau Belum

Sebagaimana yang kita tahu, salah satu jasa ekspedisi yang murah dan terpercaya di negeri ini adalah POS Indonesia. Jika dulu POS identik dengan layanan berkirim surat, kini berkembang menjadi jasa pengiriman barang, yang terkenal dengan biaya murah dibandingkan dengan lainnya. 

Jika Anda akan mengirimkan suatu barang dengan menggunakan jasa POS, maka Anda akan dimudahkan dalam mengecek lokasi paket tersebut. Sedangkan untuk cara mengecek kiriman POS, sudah sampai atau belum bisa Anda lihat pada ulasan yang telah kami rangkum di bawah ini. 
Cara Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai Atau Belum
Keunggulan Mengirimkan Paket Lewat POS

Sebagai BUMN yang sudah berpengalaman puluhan tahun, tentunya kwalitas pelayanan PT. POS Indonesia sudah tak perlu diragukan lagi. Nah, jika Anda tertarik mengirimkan paket via POS, ada beberapa opsi/pilihan paket pengiriman yang bisa dipilih :

1. Paket POS kilat khusus dengan kecepatan pengiriman bisa 1-3 hari kerja. POS kilat khusus ini sangat cocok digunakan untuk mengirimkan berbagai paket penting yang menuntut untuk segera sampai di tujuan. Untuk biayanya sendiri memang lebih mahal dibandingkan dengan paket POS biasa. 

2. Paket POS regular adalah jasa pengiriman dengan estimasi waktu sampai dari 7-14 hari. Anda bisa mengirimka berbagai paket yang tidak terlalu mendesak dengan harga yang lebih murah. 

Jika Anda menggunakan jasa pengiriman via POS, maka setidaknya Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan, diantaranya :

3. Biaya pengiriman via POS ini lebih murah dibandingkan dengan jasa ekspedisi lainnya. Jadi Anda bisa mengirimkan berbagai barang dengan harga yang lebih terjangkau. 

4. Jangkauan layanan PT POS sudah mencakup seluruh Indonesia. Sama seperti surat menyurat, Anda pun bisa mengirimkan barang via paket POS ke banyak wilayah Indonesia yang sebelumnya telah dijangkau oleh PT. POS Indonesia. Hal ini menguntungkan jika Anda harus mengirimkan paket ke daerah kecil atau terpencil yang biasanya belum dijangkau oleh jasa ekspedisi swasta lainnya. 

5. Kantor POS ada di setiap kecamatan, sehingga Anda bisa dengan mudah mengirimkan barang tanpa harus pergi ke pusat kota. Karena biasanya di kota-kota kecil, jasa pengiriman barang lainnya hanya tersedia di pusat kota dan belum ada kantor cabang/agennya. Anda pun bisa mengambil paket di kantor POS kecamatan terdekat. 

6. Paket Anda dijamin aman dan dilindungi oleh asuransi kehilangan. 

Syarat Pengecekan Status Pengiriman

Bagi Anda yang sedang mengirimkan barang ataupun menunggu barang kiriman dengan menggunakan jasa POS, ada syarat khusus yang harus dipenuhi agar bisa melacak paket tersebut yaitu NOMOR RESI. Jika Anda tidak memiliki NOMOR RESI maka Anda tidak bisa mengecek lokasi barang yang sedang dikirimkan. 

Nomor RESI ini akan selalu diberikan oleh petugas POS saat barang akan dikirimkan dan menjadi bekal untuk melakukan pengecekan. Jika Anda misalnya akan membeli barang dari onlineshop, maka pastikan setelah dikirimkan Anda meminta nomor resi kepada pihak penjual. Biasanya pihak penjual yang professional akan memberikan nomor resi kepada Anda tanpa diminta. 

Cara Mengecek Kiriman POS 

Jika Anda telah memiliki nomor resi, maka Anda bisa melakukan pengecekan paket dengan cara di bawah ini :

1. Silahkan mengunjungis situs resmi PT. POS Indonesia dengan alamat web www.posindonesia.co.id

2. Setelah masuk ke halaman website resmi PT. POS Indonesia, maka cobalah lihat pda bagian kiri atas dengan tulisan “Lacak Kiriman” dengan bentuk kotak kecil. 

3. Kemudian Anda tinggal memasukkan nomor resi yang telah Anda miliki pada kolom “Nomor barcode/kiriman” yang telah disediakan. 

4. Setelah itu ketikkan capcha (kode keamanan) sesuai dengan yang tertera pda gambar di sampingnya. 

5. Setelah lengkap, klik tombol “Cari Kiriman” dan silahkan tunggu beberapa saat hingga hasil pelacakan ditampilkan. 

6. Kemudian akan ditampilkan rincian mengena perjalanan paket Anda seperti tanggal pengiriman, transit dimana, estimasi tanggal sampai, hingga saat barang nanti sudah Anda terima aka nada laporannya pada halaman ini. 

Itulah diatas beberapa cara mengecek kiriman pos sudah sampai atau belum yang paling mudah dan efektif. Semoga bermanfaat. Kalau ada pertanyaan lain seputar Kantor Pos Indonesia jangan sungkan-sungkan untuk mengajukan pertanyaan di kolom komentar. Terimaskih telah berkunjung dan membaca artikel blog ini.

Pilihan

 
Back To Top