Cara Mengunggah Bukti Pembayaran di Tokopedia

Di era digital saat ini, segala macam kebutuhan Anda dapat dipenuhi dengan mudah. Tanpa terkecuali kebutuhan terkait belanja. Jika dulu Anda harus repot-repot keluar rumah dan berdesak-desakan untuk pergi ke toko atau supermarket, kini Anda bisa mendapatkan segala macam kebutuhan Anda cukup dengan mengakses berbagai macam online store atau online marketplace, dari dalam rumah hanya menggunakan smartphone atau PC. Dan salah satu online marketplace yang cukup tersohor di negeri ini adalah Tokopedia.

Tak salah bila Tokopedia disebut mall online, karena disana hampir semua kebutuhan yang anda cari tersedia. Selain itu proses transaksinya juga mudah. Disana tersedia beragam metode pembayaran yang bisa dipilih.  Mulai dari transfer bank, dengan kartu kredit, dengan membayar di indomaret atau alfamart, dan lain sebagainya.

Hanya saja, ada beberapa pengguna baru, yang seringkali merasa kebingungan dengan cara mengunggah bukti pembayaran di Tokopedia. Untuk itu, pada kesempatan ini kami bagikan panduan step by step-nya. Berikut cara konfirmasi pembayaran di Tokopedia
cara konfirmasi pembayaran di tokopedia
Cara Mengunggah Bukti Pembayaran di Tokopedia via Laptop

Konfirmasi/ verifikasi pembayaran tokopedia sebenarnya sangat sederhana. Jika Anda ingin mengkonfirmasi bukti transaksi Anda melalui layar komputer atau laptop Anda, maka ikuti step by step mudah berikut.

Pertama-tama, login-lah terlebih dahulu ke akun Tokopedia Anda. Setelah itu klik tab “Pembelian” dan pilih sub-menu “Profil Saya”. Selanjutnya pilih “Konfirmasi Pembayaran”, dan Anda akan langsung terhubung pada laman daftar pembelian Anda. Centang pilihan yang akan Anda konfirmasi pembayaran dan klik “Konfirmasi”.

Segera setelah Anda mengirimkan perintah tersebut, jendela pop-up akan muncul yang menampilkan formulir konfirmasi pembayaran. Isi formulir tersebut sesuai dengan metode pembayaran yang sesuai. Untuk mengunggah foto struk bukti pembayaran, klik tombol “Telusuri Berkas”. Setelah Anda yakin formulir konfirmasi tersebut telah diisi dengan data yang sesuai lengkap dengan foto bukti pembayaran yang terunggah sempurna, klik “ya” untuk mengirimkan formulir konfirmasi tersebut kepada pihak Tokopedia untuk ditinjau.

Cara Mengunggah Bukti Pembayaran di Tokopedia via Smartphone

Bagaimana dengan cara mengunggah bukti pembayaran di Tokopedia melalui smartphone? Pertama, buka dulu aplikasi Tokopedia Anda dan pilih menu Pembelian. Pada laman “Pembelian” tersebut Anda akan melihat beberapa menu. Pilih menu ubah pembayaran dan tekan icon tiga titik vertikal di pojok sebelah kanan seperti pada gambar di atas. Dari pilihan drop down menu, pilih “Unggah Bukti Pembayaran”. Anda tinggal menunggu proses upload struk pembayaran Anda selesai, dan Anda hanya perlu menunggu pesan pendek dari admin Tokopedia yang sudah meninjau laporan konfirmasi Anda.

Lihat, kan? Cara mengunggah bukti pembayaran di Tokopedia ternyata sangat mudah untuk dilakukan. Dan omong-omong, tahukah Anda mengapa sangatlah penting untuk melakukan konfirmasi dengan mengunggah bukti pembayaran saat transaksi online?

Alasan paling utama adalah untuk mencegah adanya kesalahpahaman antara Anda dan pihak seller. Dengan melakukan konfirmasi, maka seller akan menerima bukti pembayaran Anda sehingga mereka tidak perlu khawatir bahwa Anda bermaksud menipu mereka. Sebaliknya, dengan Anda melakukan konfirmasi, maka semakin cepat pula pihak Tokopedia dapat memproses dan mengirimkan barang pesanan Anda.

Bagaimana jika Anda sudah mengirimkan bukti konfirmasi pembayaran tapi belum juga ada respons dari pihak Tokopedia? Hmmm, bisa jadi karena Anda mengirimkan bukti tersebut saat sudah melewati jam operasional kantor. Jika ya, maka Anda perlu sedikit bersabar untuk menunggu dengan jangka waktu kurang lebih sekitar 2 x 24 jam.

Dan jika sudah lewat dari jangka tersebut ternyata belum juga mendapatkan notifikasi, Anda perlu memeriksa ulang formulir yang Anda kirimkan. Pastikan benar-benar bahwa Anda sudah mencantumkan nominal harga yang sesuai dengan tagihan (tidak lebih maupun tidak kurang) dan semua data yang Anda kirimkan sudah benar. Jika Anda masih menemui masalah, sebaiknya segera menghubungi Customer Service Tokopedia untuk meminta bantuan.

Nah, semoga tutorial dari nanapedia tentang cara unggah bukti pembayaran Tokopedia di atas bisa bermanfaat dan menjadi solusi kebingungan Anda.

8 komentar

Baru tahu ttg unggah bukti pembayaran di tokopedia. Selama ini klo beli tokopedia lewat indomaret atau alfamart dan automatis detect pembayaran

Hehe iya mbak. Aku juga biasanya gitu sih, tapi setelah punya M Banking ya langsung saja lewat smartphone

Duh aku jarang belanja di Tokopedia nih,
lebih sering di toko sebelah hehe

Toko merah apa orange kak? haha

Ini beda dg fitur potret mbak ? Aku sih kalo beli di tokped biasanya bukti pembayaran langsung aku foto gt huhaha kek belanja online pada umumnya.

Berati ini mmg beda lagi ya ?

Yup beda lagi kakak mesra :)

waah.. makasih ilmunya mbak.. aku biasanya make Samrtphone doang.. aliasa langsung di aplikasinya

Pilihan

 
Back To Top