Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai Atau Belum

Saat ini untuk mengirimkan barang sangatlah mudah dan cepat karena di jasa pengiriman barang sendiri memiliki pilihan, apakah ingin cepat sampai, agak cepat, atau lambat. Semua itu bisa dipilih berdasarkan biaya. Kalau ingin pengiriman kilat, ya harus berani bayar mahal. Kalau mau santai-santai saja datangnya, ya biayanya tidak akan mahal.

Di Indonesia, ada beberapa jasa pengiriman barang yang terkenal. Mulai dari si orange Pos Indonesia yang melegenda, Tiki, atau JNE. Semua punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Kawan, dalam artikel ini kita akan membahas cara cek kiriman JNE sudah sampai atau belum atau cek paketan JNE sampai mana. Tentu bagi penerima barang akan merasa was-was kalau barang telat sampai. Nah, maka dari itu, saya akan memberikan informasi mengenai cara cek paket JNE sudah sampai mana. 

Oh iya, untuk melacak barang anda sudah sampai atau belum, anda harus mempunyai nomor resi. Kalau anda tidak memegang nomor resi, anda harus meminta nomor resi tersebut ke pengirim atau penjual. Baik, sekarang silahkan anda amati cara cek barang di JNE sudah sampai atau belum, berikut langkah-langkahnya.

1. Masuk ke website JNE, atau klik link ini http://www.jne.co.id/id/beranda

2. Di halaman website JNE ini, anda akan melihat menu kolom "Lacak Kiriman". 
Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai Atau Belum
3. Silahkan masukkan no resi ke kolom tersebut, kemudian tekan "Tracking".

4. Nah, sekarang keterangan status barang kiriman anda telah muncul. Pada contoh gambar dibawah ini, terdapat keterangan "On proces" yang artinya barang masih dalam proses pengiriman.
Cara Cek Barang JNE Sudah Sampai Atau Belum

***
Untuk mengetahui/ mengenali istilah status dalam pengiriman JNE, sebaiknya anda membaca paparannya dibawah ini, karena keterangan status barang sangat banyak. Bisa jadi barang terlambat, barang tertukar, dll. Untuk itu, anda harus membaca istilah yang ada didalam keterengan ketika anda melacak barang di JNE tracking.

Penjelasan tentang status pengiriman JNE : 
  • On-Process: Barang dalam proses pengiriman/perjalanan ke alamat tujuan.
  • Manifest: Barang telah didaftarkan dan siap dikirim dari kantor JNE asal pengiriman.
  • Delivered: Barang telah sampai dan diterima di alamat yang dituju dan nama penerima barang telah dicatat.
  • On-Transit: Barang sedang transit di kota lain menuju kota tujuan.
  • Received On Destination: Barang telah sampai di kantor JNE kota tujuan dan akan dikirim ke alamat yang dituju.
  • AU to OPS: Barang yang sebelumnya tidak sampai ke tangan penerima telah diserahkan ke bagian Operasional JNE untuk dikirimkan kembali ke alamat tujuan yang lebih lengkap dan jelas.
  • Redelivery/RD: Barang telah diantar ulang ke alamat yang dituju.
  • Cnee Unknown: Nama penerima tidak dikenal saat dilakukan pengantaran ke alamat tujuan. Hubungi pihak jasa pengiriman bila barang belum diterima.
  • AU (Antar Ulang): Barang tidak sempat diantar di hari sebelumnya.
  • BA (Bad Address): Alamat tidak lengkap/jelas, kurang RT/RW, kelurahan, nomor rumah, gang, dan sebagainya. 
  • Criss Cross: Kondisi barang tertukar. Hubungi pihak jasa pengiriman, beri tau ciri pembungkus (jika tahu) dan detil alamat tujuan lebih lengkap lagi.
  • AU (Antar Ulang): Barang akan diantar ulang, karena tidak sempat terantar pada hari sebelumnya.
Nah, sobat, demikianlah artikel dari nanapedia mengenai cara cek paket JNE sudah sampai atau belum. Sangat mudah kan? Intinya, anda harus mengetahui nomor resinya dulu, baru anda bisa mengecek status barang kiriman anda. Baik, itu saja yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Pilihan

 
Back To Top