Rute Menuju Pantai Sukamade, Banyuwangi

Pantai Sukamade berada di Taman Nasional Meru Beriti dan menjadi salah satu triangle diamond. Setelah kawah ijen dan Pantai pelengkung. Jarak antara Banyuwangi Kota menuju pantai sukamade sangatlah jauh, sekitar 100 kilometer. Dan menghabiskan waktu sekitar 5 jam perjalanan.

Sumber foto nginepmana.com
Memiliki pantai yang indah dan masih asri, membuat banyuwangi didatangi oleh berbagai jenis penyu dan menjadi rumah bagi hewan bercangkang yang satu ini. Hampir setiap tahun penyu mendarat di bumi blambangan untuk bertelur. Bahkan di pantai yang ramai pun, penyu tidak segan bertelur disana seperti di pantai boom. Jarang jarang ada penyu yang mau bertelur di selat bali yang mempunyai arus ombak yang besar. Akan tetapi istana penyu sebenarnya berada di pantai Sukamade. Dipantai iniliah penyu pelihara dan dilestarikan.

Berada di Taman Nasional Meru Beriti membuat pantai sukamade satu kawasan dengan pantai rajegwesi, dan Teluk hijau. Anda bisa berkunjung ke pantai tersebut dahulu sebelum menuju ke sukamade. Yang Pertama adalah pantai rajegwesi yang merupakan dermaga bagi para nelayan untuk mengantarkan wisatawan ke teluk hijau. Dan yang ke dua adalah teluk hijau, surga  tersembunyi di banyuwangi, dengan warna air lautnya yang kehijauan.

Bagaimana Cara Menuju Pantai Sukamade?

Dari Banyuwangi kota/Situbondo :
BANYUWANGI KOTA - JAJAG - PESANGGARAN - SARONGAN - RAJEGWESI - SUKAMADE

Dari Terminal Karangente naik bis jurusan Jember/Surabaya dan turun di Terminal Jajag.

Dari Jember atau Surabaya :
JEMBER/SURABAYA - JAJAG - PESANGGARAN - SARONGAN - RAJEGWESI - SUKAMADE

Akses menuju Sukamade tidaklah mudah. sebaiknya jika anda kesana, gunakanlah kendaraan model offroad. Seperti mobil jeep. Jalan mulai rusak setelah anda melewati perkebunan. Jalur yang berlumpur dan bebatuan membuat adrenalin anda terpacu.

Jalanan berliku dan menanjak, bebatuan yang besar, serta tanah yang menjadi lumpur sengaja dibiarkan alami agar tidak mempermudah akses pencuri telur penyu. Dan agar pengunjung merasakan perjalanan yang mengasikkan. Anda akan melewati jalan seperti itu hampir 30 kilometer. Dan yang paling menegangkan adalah di 10 kilometer mendekati sukamade. Karena pengunjung akan melewati sungai yang kedalamannya 40 cm.

Setelah sampai di sukamade anda bisa beristirahat sejenak dan menikmati fasilitas yang ada di sukamade. Seperti cottage, camping ground,Shelter, jalan trail wisata, information centre, laboratorium dan pondok kerja. Anda harus menunggu hingga malam hari untuk melihat penyu bertelur. Ketika ingin melihat penyu bertelur pastikan tidak ada sorotan cahaya lampu, karena penyu akan menghindar melihat sorotan lampu.

Melihat Penyu Bertelur

Sumber foto tourbanyuwangi.com
Kalau mau melihat penyu bertelur, pengunjung harus menginap karena waktunya berlangsung pada malam hari. Di Sukamade ada dua pilihan penginapan. Di desa Sukamade yang  berjarak sekitar 4-5 KM dari pantai atau di sekitar pantai Sukamade.

Di Pantai Sukamade terdapat wisma atau penginapan milik PT Sukamade Baru, perusahaan kopi dan coklat, milik PT Ledokombo, yang cukup terawat. Mereka menyediakan makan malam dan sarapan.
Melihat penyu bertelur di pantai adalah saat-saat yang mengasyikkan sekaligus mendebarkan, karena Anda akan merasakan pengalaman yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. 

Sama halnya dengan di Pantai Ngagelan, di Pantai Sukamade ini kita bisa berwisata dengan mengikuti semua kegiatan petugas/ranger setempat dalam pengelolaan penyu. Mulai dari melihat langsung penyu mendarat dan bertelur di malam hari, penetasan telur, hingga pelepasan tukik.
Untuk melihat penyu yang bertelur, pengunjung dapat mengikuti tur dengan pemandu yang dimulai pada malam hari - karena biasanya para penyu mulai naik ke pantai sekitar pukul 19.30 dan kembali ke laut setelah pukul 24.00.

Biasanya pengunjung akan diminta untuk bersiap sekitar pukul 20.00 WIB untuk memulai pencarian penyu yang bertelur di pantai. Dari depan resort Sukamade Anda dan rombongan lain berjalan kaki beriringan dalam kegelapan malam menuju pantai yang berjarak 700 M. Anda akan disarankan untuk mengenakan pakaian hangat, membawa air mineral dan camilan secukupnya. Satu hal penting, dilarang menyalakan senter di area pantai agar tidak mengganggu penyu yang akan bertelur.

Jalan menuju pantai cukup nyaman untuk pejalan kaki namun untuk mencapai Pantai Sukamade Anda harus menembus hutan belantara. Setelah 30 menit perjalanan Anda sampai di pantai dan sang petugas akan menyuruh rombongan untuk berhenti di pintu gerbang pantai dan menunggu isyarat selanjutnya. Petugas akan kembali mengingatkan seluruh rombongan untuk tidak menyalakan apapun karena saat hendak bertelur penyu sangat sensitif pada cahaya dan suara. Jadi semua harus menahan diri tidak menyalakan senter dan berbicara perlahan.

Jika masih ada yang melanggar aturan tersebut, yang dirugikan adalah seluruh rombongan. Sebab penyu akan takut jika melihat sinar di pantai. Kemungkinan terbesarnya, penyu berputar arah kembali ke laut. Akibatnya, Anda harus menunggu datangnya penyu yang lain.

Penyu membutuhkan waktu sekitar satu jam dari laut untuk menelusuri pantai Sukamade, mencari pasir empuk hangat buat meletakkan telur. Lalu ia butuh waktu satu jam lagi untuk bertelur, sekitar 100 butir, lalu menutupnya dengan pasir. Satu jam lagi untuk menggali lubang tipuan/kamuflase.Lubang tipuan ini dibuat untuk menipu predatornya yaitu babi hutan yang biasanya menyerang dan memakan telur-telur penyu.

Penyu menggunakan keempat siripnya saat berjalan di atas pasir, dan bekas jejaknya di pasir itu yang menjadi petunjuk arah bagi petugas saat patroli penyu bertelur.Biasanya penyu akan memilih lokasi pasir pantai yang relatif tinggi dan bersih sebagai lokasi bertelur. Itu adalah persyaratan sederhana. Selain hal tersebut, faktor suhu menjadi faktor penentu. Penyu memiliki naluri alamiah yang bisa mendeteksi mana lokasi yang suhunya sesuai dan mana yang tidak. Penyu memilih tempat bertelur yang jauh dari jangkauan ombak karena telur penyu sulit menetas jika terkena air laut.

Selama menunggu dalam kesunyian dan kegelapan, mungkin akan menjadi saat-saat yang menjemukan karena tidak ada kepastian berapa lama Anda harus menunggu sampai seekor penyu mendarat untuk bertelur. Namun Anda akan menikmati keindahan bintang-bintang yang menghiasi langit yang luas laksana bertabur jutaan berlian.

Sementara anda dan rombongan menunggu, petugas melakukan patroli sepanjang pantai. Pencarian penyu yang mendarat ke pantai dimulai dengan menyisir pantai dan melihat track/jejak dari penyu di pasir. Pada malam hari jejak penyu yang naik ke pantai tersebut terlihat seperti garis hitam yang panjang. Bila ditemukan track/jejak penyu, para petugas akan langsung mendekati penyu secara diam-diam dan melihat keadaan penyu.

Sumber foto www.asliindonesia.net
Nah, apakah anda tertarik berkunjung ke Pantai Sukamade? Semoga artikel dari blog nanapedia ini bermanfaat untuk anda.

Pilihan

 
Back To Top