Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan

Meskipun musim hujan telah tiba, kegiatan mendaki gunung tetap berjalan seperti biasanya. Saat musim hujan, pendakian gunung sebenarnya resikonya akan semakin besar. Maka dari itu kita harus mempersiapkan diri dengan mental yang kuat, dan tentunya ada tips-tips khusus juga agar pendakian terasa nyaman walaupun saat di perjalanan nanti tiba-tiba turun hujan.

Walaupun semisal tidak musim hujan, sebenarnya tips-tips nanti harus dipakai dan diikuti. Karena kita tahu sendiri kan, kalau cuaca digunung itu cepat sekali berubah. Bisa saja kita malah kerepotan sendiri kalau tidak mempersiapkannya dengan matang. Di guyur hujan, kedingingan, hypotermia, dan akhirnya akan berakibat fatal. Alangkah baiknya kita sayangi nyawa kita saat di alam bebas.

Apa Saja Yang Harus Di Bawa Ketika Mendaki Gunung Saat Musim Hujan?

Tips Persiapan Mendaki Gunung

Ada beberapa Tips Saat Pendakian Di Musim Hujan, mari kita baca satu persatu.

1. Pakaian Ganti

Selalu bawa pakaian ganti yang kering secukupnya. Lipat sekecil mungkin berbentuk seperti lontong. Kemudian bungkus dan ikat dengan karet agar pakaian tetap rapi. Dan ringkas agar tidak memenuhi carrier/ransel. Pakaian harus tetap kering, karena saat istirahat kita butuh kenyamanan. Bayangkan kalau kita tidur dengan basah-basahan, sudah pasti akan menggigil kedinginan.

2. Bungkus barang dengan plastik

Bungkus semua barang yang anda anggap penting, atau alat untuk kenyamanan. Seperti sleeping bag misalnya, kaos kaki, sarung tangan dan kupluk. Semuanya harus selalu dengan keadaan kering. Lebih baik sediakan juga plastik polybag yang besar sebagai lapisan dalam carrier anda. Di jamin semua barang anda akan tetap kering dan hangat. Karena mengandalkan cover bag saja tidak cukup jika terjebak hujan badai.

3. Pakailah sepatu dan gaiter

Selain menghindari binatang seperti pacet dll, sepatu dan gaiter akan mempermudah langkah kita saat berjalan di jalur yang licin. Celana yang kita gunakan nantinya ujungnya juga tidak akan terlalu kotor. Jangan menggunakan sandal saat musim hujan, karena sangat beresiko. Anda sudah menggendong cerierr yang begitu berat, kehilangan keseimbangan sedikit saja anda bisa saja akan terjatuh.

4. Ponco Dan Jas Hujan

Membawa jas hujan dan ponco sangatlah penting. Seperti paragraf yang di atas tadi, cuaca di gunung tidak menentu dan sering berubah. Ponco atau jas hujan lebih baik di letakkan di tempat paling cepat di jangkau. Di bagian paling atas carrier misalnya. Agar kalau hujan datang tiba-tiba kita tidak perlu membongkar semua barang yang ada di dalam carrier. lebih enak sih bawa ponco, selain lebar, pemakaianya juga tidak ribet.

5. Flexibel

Yang di maksud adalah selalu siap dalam setiap medan. Yang di utamakan tata letak packing barang. Kita tidak mungkin menerjang badai meskipun kita membawa ponco. Saat hujan seringkali tanah longsor di gunung. Bila terjadi hal-hal demikian, kita harus siap mendirikan tenda. Maka letakan tenda di tempat paling cepat di jangkau. Atau lebih baik bawa flysheet, agar sewaktu-waktu bisa di pakai membuat bivak walaupun mendadak. Fungsinya juga sementara sembari menunggu hujan dan badai.

6. Penyerap air

Saat musim hujan, walaupun kita sudah berada di dalam tenda bisa saja air merembes masuk. Apalagi kalau badai, air sudah tentu masuk melalu celah-celah kecil. Biasanya juga air embun. Sangat tidak nyaman kan kalau kita sedang istirahat lalu air merembes masuk ke tenda. Maka dari itu, penyerap air sangat penting disini. Bawalah penyerap air sejenis kanebo, selain cepat kering juga ringan untuk di bawa.

Nah, itulah tadi sedikit Tips Mendaki Saat Musim Hujan yang bisa nanapedia sampaikan buat kalian. Semoga membantu dan bermanfaat. Keep safety first :)

Pilihan

 
Back To Top