Tata Cara Naik Pesawat Untuk Pemula Dan Prosedur Ketika Di Bandara

Bepergian dengan naik pesawat saat ini bukanlah sesuatu hal yang langkah. Dulu mungkin hanya orang-orang yang ekonominya menengah ke atas saja yang bepergian dengan naik pesawat. Sekarang sudah lain ceritanya, siapapun bisa naik pesawat. Mungkin ini di karenakan seringnya maskapai penerbangan yang berlomba-lomba menawarkan tiket pesawat dengan harga yang sangat terjangkau.

Sahabat, mungkin sebagian dari anda ada yang masih bingung tentang tata cara dan prosedur sebelum naik pesawat. Kalau tidak, mana mungkin anda membaca artikel ini, kan? biasanya kebingungan ini terjadi untuk anda yang baru pertama kali naik pesawat. Baiklah, langsung saja kita simak langkah-langkah dan prosedur yang harus di lakukan sebelum anda terbang.



Siapkan Tiket

Tentu jauh-jauh hari anda sudah menyiapkan tiket penerbangan. Jangan sampai anda ke bandara lupa membawa tiket. Kalau anda tidak membawa, berarti anda tidak boleh terbang.

Datang ke Bandara

Anda harus datang ke bandara 90 menit sebelum jadwal ke berangkatan. Atau 2 jam sebelumnya juga lebih baik. Sebelum masuk ke ruang chek in, anda akan di periksa petugas di pintu. 

Dari sini anda harus menyiapkan tiket pesawat. Yang perlu anda ingat, jangan membawa benda-benda yang terlarang jika barang anda tidak mau disita, terutama yang berbahan besi dan logam.

Chek in

Carilah pos chek in maskapai anda. Misalkan anda naik pesawat Lion Air, carilah pos chek in Lion air. Banyak tulisanya kok, kalau anda masih bingung, anda bisa bertanya kepada orang atau petugas bandara. S

elanjutnya anda akan antri untuk chek in dan mengambil boarding pass. Oh ya, disini anda juga harus menyiapkan KTP. 

Jika barang anda melebihi beban yang di tentukan untuk di bawa ke kabin pesawat, barang anda akan di masukan ke bagasi. Tidak usah khawatir, anda akan di jelaskan petugas di ruang chek in. Kalau tidak di jelaskan, lebih baik anda bertanya dan suruh petugas menimbang barang anda.

Ke Ruang Tunggu

Sebelum anda masuk ke ruang tunggu, anda akan di periksa lagi barang bawaan anda. Jangan takut, anda tidak membawa barang terlarang kan? Pemeriksaan ini akan lebih ketat lagi, semua yang anda bawa akan di periksa dengan alat pendeteksi. 

Jika anda ketahuan membawa barang terlarang, bersiaplah, tas anda akan di bongkar. Setelah anda melewati pemeriksaan, silahkan duduk di ruang tunggu. Nanti jika sudah mau berangkat akan ada pemberitahuan lewat pengeras suara. 

Saran, sebaiknya anda dekat-dekat saja dengan orang lain yang penerbanganya sama. Suruh dia mengingatkan kalau sudah jadwalnya masuk pesawat, karena bunyi pengeras suara biasanya tidak seberapa jelas apa yang di katakan petugas bandara. Dari pada anda ketinggalan kan?

Masuk Pesawat

Sebelum masuk pesawat, boarding pass anda akan di periksa, jangan lupa siapkan KTP juga.  Ikuti petunjuk yang di instruksikan petugas bandara. Jika nomor boarding pass anda nomor awal, silahkan masuk dari pintu depan, dan sebaliknya. Cari tempat duduk sesuai nomor kursi di boarding pass. 

Sekarang anda sudah duduk di pesawat dan bersiap untuk lepas landas. Demi keselamatan anda, ikutilah segala instruksi yang di berikan oleh pramugari yang cantik-cantik itu. Anda juga bisa membaca tata cara dan peraturan ketika di dalam pesawat, lihat kertas di loker jok depan kursi anda, biasanya di letakan disitu.

Sahabat, itulah tata cara dan prosedur sebelum penerbangan. Saran saya, meskipun anda sudah membaca artikel ini, jika anda masih bingung ketika di bandara, silahkan bertanya lagi pada orang lain atau petugas bandara. Tidak perlu malu, dari pada anda ketinggalan pesawat kan? 

Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

Pilihan

 
Back To Top