Cara Membuat Merakit Pesawat Drone Sendiri Dengan Mudah

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, banyak sekali pakar teknologi yang menciptakan sesuatu yang bisa mempermudah kinerja. Salah satunya ialah dengan adanya drone. Dulu, kalau media hendak memantau situasi seperti bencana, banjir, dll dari atas mereka biasanya menggunakan helicopter. Namun sekarang tidak perlu lagi karena sudah ada teknologi canggih yang bernama drone.

Drone ialah pesawat mini yang bisa diterbangkan tanpa awak. Besarnya pun bervariasi. Tergantung berat yang ingin dibawanya. Fungsi dari drone sendiri ialah untuk merekam, mengambil foto dan video dari atas langit. Meskipun terkesan seperti mainan, namun drone sangat menunjang untuk pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh helikopter.

Harga drone sendiri di Indonesia juga bervariasi. Mulai dari yang Rp 500 ribuan sampai dengan puluhan juta.  Tentu harga disini juga sangat berpengaruh. Jika harga drone yang dibawah satu juta, sudah pasti kwalitasnya jauh berbeda dengan harga yang puluhan juta. Perbedaan yang paling mencolok ialah dari kesetabilan drone tersebut, semakin mahal, drone semakin tenang dan tidak goyang meskipun terbang tinggi.

Nah, sobat, dalam artikel kali ini saya akan berbagi tutorial untuk anda tentang cara merakit drone sendiri. Kenapa membuat sendiri? Ya jelas, untuk menekan biaya karena untuk membeli drone yang berkualitas bagus tentu akan memerlukan biaya yang sangat mahal. Maka dari itu, disini saya akan memberikan tutorialnya.

Untuk membuat drone sendiri, anda harus mempersiapkan bahan-bahan penunjang untuk membuat drone. Diantaranya ialah, frame, rangka, flight control, propeller, baterai, dan juga remote. Baiklah langsung saja kita simak langkah-langkah cara membuat drone sendiri.

cara membuat drone sendiri 
Cara mudah membuat merakit drone sendiri 


Flight Control Board

Flight Control Boardlah yang menjadi otak dari drone karena didalamnya terdapat banyak fitur. Sebut saja gyro, GPS, accelerometer, dan lain-lain. Jika anda kesulitan merangkai Flight control, saya sarankan anda untuk membeli langsung yang sudah jadi. Untuk harganya mulai dari dari 160 ribu sampai 2,5 sesuai kwalitas dan kebutuhan.

Frame atau rangka

Frame merupakan bagian penting. Untuk membuat drone, awak drone harus memiliki empat buah lengan atau sayap yang berguna untuk menyimpan propeller, dan motor. Anda tidak perlu bingung untuk membuat frame, karena frame bisa dibuat dari bahan apa saja, yang penting beratnya ringan. Jika anda tidak mau membuat sendiri, anda bisa membeli jadi dengan kisaran harga dari Rp 100.000-3 juta.

Baling-baling

Fungsi dari baling-baling atau propeller gunanya untuk membuat drone yang baik dan berkualitas. Biasanya pada drone byang baik, akan ada empat buah baling-baling disetiap sisinya. Dua baling-baling berputar mengikuti arah jarum jam, dan dua baling-baling akan berputar sebaliknya. Anda bisa membuatnya sendiri dari bahan apa saja yang penting presisi. Kalau beli jadi, kisaran harganya dari 60 ribu sampai 600 ribu.

Motor + ESC

Arti motor yang digunakan untuk drone adalah outrunner atau bruslessmotor ya. Satu buah drone dibutuhkan empat motor dan ukurannya dinyatakan dalam kilo volt. Jika ukurannya semakin besar maka tingkat rpm-nya akan semakin tinggi, semakin tinggi maka akan semakin baik. Harga motor + ESC ini ialah Rp 500.000-1.000.000.

Baterai dan charger

Biasanya baterai yang digunakan untuk drone ialah Lithium Polymer atau Li-Po. Untuk itu, sebelum anda memilih baterai sebagai bahan bakar drone, anda harus memperhatikan kapasitas, kenektor, dan jumlah cellnya. Harga untuk membeli baterai untuk drone sendiri bervariasi mulai dari 250 ribu hingga 5 jutaan.

Remote control

Komponen yang paling penting untuk membuat terbang drone ialah remote. Tanpa remote kita tidak bisa mengendalikan drone ketika terbang. Jenis remote drone yang bagus adalah yang mempunyai empat channel yang biasa disebut yaw, throttle, pitch, dan roll. Anda bisa membelinya dengan harga 160 ribu sampai yang 3 jutaan. Sesuaikan saja dengan budget anda.

***


Nah sobat nanapedia, itulah tadi langkah-langkah dalam membuat dan merakit drone sendiri.

Pilihan

 
Back To Top