Cara Belajar Musik Dengan Membaca Notasi Balok

Ketika belajar musik memang alangkah baiknya kita juga harus belajar mengenal notasi balok. Seorang pemusik atau musisi harus wajib bisa membaca notasi balok. Kenapa harus belajar membaca notasi balok? Selain mempermudah, notasi balok juga membuat kita lebih disiplin lagi ketika memainkan musik. Apalagi jika kita ingin belajar musik klasik seperti karya-karya Mozart. Maka haram hukumnya jika tidak menguasai notasi balok.


Ahh, lebay ya :p


Belajar Musik Itu Bertahap!

Mungkin seringkali kita melihat seseorang yang sedang belajar musik, tapi mereka sangat tidak tertarik dengan membaca notasi. Maunya langsung jrang-jreng dan bunyi. Tapi apa hasilnya nanti akan bagus? Bisa juga bagus, bisa juga tidak. Tapi yang perlu di ketahui, belajar musik perlu adanya tahapan, tentunya dengan menguasai teori yang matang.

Teori adalah pondasi dan akan saling membangun. Dan ketika sudah menguasai teori tersebut, saatnya menerapkan itu semua dalam latihan/ praktek. Saya yakin, jika latihan kita disiplin menurut keilmuan musik, pasti bunyi yang kita keluarkan dari alat musik yang kita mainkan akan bagus dan enak di dengar.

Membaca Notasi Balok, Apa Susahnya?

Sebenarnya belajar membaca notasi balok tidaklah sesusah yang kita bayangkan. Melihat bentuknya seperti toge yang semrawut rasanya bikin kepala kita pusing kan? Benar, kalau kita tidak mencoba mempelajarinya. Belajar membaca not sama halnya seperti belajar membaca huruf atau angka saat kita masih di taman kanak-kanak.

Kita di kenalkan huruf atau angka satu persatu. Kemudian mengejanya, dan lambat laun sudah pasti kita tidak perlu mengejanya lagi. Sama juga dengan peran notasi balok terhadap musik, semakin kita terlatih membaca, maka kita akan bisa memainkan lagu secara langsung dengan hanya mambaca notasi.

Berguru, Perlukah?

Belajar notasi balok menurut saya akan lebih efektif jika kita mempunyai guru atau teman yang sudah menguasai cara baca notasi. Kita akan lebih mudah dan paham jika di jelaskan secara langsung, walaupun sekarang banyak sekali artikel atau video tutorial cara membaca notasi balok.

Belajar sendiri memang baik, tapi lebih baik lagi jika ada yang menjadi penuntun kita. Jika anda salah jalan, atau salah teknik memainkan musik, anda akan terselamatkan.

Semoga artikel dari nanapedia ini menambah semangat anda belajar musik dan khusunya dalam membaca notasi balok. Selamat berlatih!

Pilihan

 
Back To Top