Tutorial Pola Struming / Genjreng Gitar Untuk Pemula

Bermain gitar adalah sesuatu hal yang sangat positif. Selain untuk menyalurkan hobi dan sebagai hiburan, ternyata musik (gitar) juga dapat melatih otak kanan dan otak kiri. Sebenarnya nggak hanya gitar saja sih, tapi semua alat musik. Keuntungan bisa bermain gitar sangat banyak sekali dan kalau di tulis disini nanti kepanjangan.

Yup, karena dalam postingan kali ini saya mau memberi informasi mengenai bagaimana cara menggenjreng gitar, atau mengenal pola struming. Jika kamu masih belum bisa tahu letak kunci/ chord gitar, kamu bisa mencari banyak video. Dan ada beberapa channel yang saya rekomendasikan. 

Silahkan kamu klik saja di link ini, untuk menonton video tutorial chord / kunci gitar dasar Mayor dan Minor.


Baik, kita kembali ke pembahasan.

Yang pertama setelah kamu bisa menekan chord/ kunci dasar gitar ialah kamu harus bisa memainkan pola struming atau menggenjreng gitar. Nah, setelah ini saya akan jabarkan beberapa pola struming untuk kamu pelajari dirumah. Baiklah, langsung saja kita simak.

3 Pola genjrengan / struming gitar

1. Pola pertama

Yang pertama ini adalah yang paling mudah. Mainkan dengan pukulan ke bawah dan ke atas. Lebih jelasnya seperti ini :

Bawah - Bawah - Bawah, Atas - Bawah - Bawah

Keterangan : Tulisan bawah, atas yang saya beri tanda koma artinya dimainkan lebih cepat dari pada yang langsung di sekat garis strip.

2. Pola kedua

Untuk memainkan pola kedua ini lumayan sulit, kamu harus menggenjreng senar dari atas sampai bawah berulang. Lebih jelasnya simak dibawah ini :

Bawah - Bawah, Atas - , Atas - Bawah - Atas

Keterangan : Tulisan yang ada tanda koma lalu atas artinya, bunyi sebelum koma tersebut tidak dibunyikan, artinya dalam tempo saat itu kosong.

3. Pola ketiga

Pola yang terakhir ini ketukannya agak cepat namun lebih gampang. Jika dimainkan akan menghasilkan banyak bunyi dalam satu birama. Lebih jelasnya seperti ini :

Bawah - Bawah, Atas - Bawah, Atas - Bawah - Bawah, Atas - Bawah, Bawah - Atas

Keterangan : Cara memainkannya juga sama seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Untuk keterangan yang ada tanda komanya berarti di bunyikan lebih cepat.

***

Nah sobat, itulah tadi beberapa cara teknik menggenjreng atau pola struming dalam gitar. Saya yakin anda pasti kebingungan, Untuk itu saya mau memberi rekomendasi video tutorial cara genjreng gitar atau pola struming. Untuk melihat videonya, silahkan anda klik di link bawah ini.

Pilihan

 
Back To Top