Rute dan Jalur Menuju Wisata Merapi Kaliurang, Yogyakarta

Halo sobat, jumpa lagi dengan saya si admin blog jalur wisata, blog yang akan selalu setia memberikan informasi seputar jalur wisata untuk anda. Baiklah, dalam artikel kali ini saya ingin menyajikan informasi rute menuju Wisata Gunung Merapi yang ada di Yogjakarta. Pasti anda saat ini sedang sangat ingin menikmati suasana pegunungan di Merapi kan? Ehm, saya juga. Hehe.

Keindahan pesona Gunung Merapi tak terbantahkan lagi yang beradu dengan misteri dan tragedi yang melingkupi gunung. Sehingga banyak menjadi pilihan bagi penyuka olahraga outdoor menjadikan Merapi sebagai alternatif tujuan wisata gunung.

Jika cuaca tidak berkabut dapat kita lihat dengan jelas gunung tersebut menjulang tinggi dan gagah dari empat kota yang mengitarinya, Sleman, Magelang, Klaten dan Boyolali. Udara yang segar menyejukkan dan keramahan penduduk yang menghangatkan merupakan bagian dari keindahan gunung Merapi ini.


Tempat menarik di Wisata Merapi Kaliurang

1. Tlogo Putri

Terletak di kaki bukit Plawangan Turgo, Tlogo Putri adalah perpaduan wisata alam dan wisata air yang disukai banyak wisatawan yang datang ke Kaliurang. Pesona wisata Kaliurang yang satu ini terdapat pada alamnya yang tenang, sejuk, menyegarkan. Sebuah danau (tlogo) kecil adalah tempat Anda dan anak-anak dapat bermain kano atau becak air.

2.Museum Sisa Harta Ku

Museum sisa harta ku terletak di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman. Museum ini merupakan satu dari sekian banyak rumah yang hancur akibat letusan Gunung Merapi tahun 2010. Keadaan rumah yang rusak parah mampu membuat kita membayangkan betapa mengerikannya bencana erupsi merapi yang terjadi pada tahun 2010 silam.

3. Museum Vulkanik Merapi

Inilah salah satu tempat terbaik di Kaliurang untuk mendapatkan berbagai hal informasi yang berkaitan dengan letusan Gunung Merapi. Di museum ini Anda dapat mengetahu asal mula proses terjadinya letusan hingga saat letusan terjadi.

4. Gardu Pandang

Gardu Pandang ini merupakan salah satu pos pengamatan Gunung Merapi. Untuk mencapai Gardu Pandang, Anda perlu melakukan pendakikan yang cukup melelahkan selama 50 menit. Namun, setibanya di puncak bukit, rasa lelah tadi akan terbayar dengan pemandangan beruba pegunungan yang masih asri dan udara segar.

Rute dan jalur termudah menuju Wisata Merapi Kaliurang

Sampai saat ini belum ada angkutan umum yang sampai ke lokasi, sehingga anda disarankan untuk membawa kendaraan pribadi atau sewa kendaraan. Caranya: Dari arah Yogyakarta melalui Jalan Kaliurang sebelum Gerbang Utama Ngipiksari Kaliurang (Banteng) belok kiri, atau ambil jalan ke kiri di Depan Panti Asih ikuti petunjuk arah MGM.

Harga tiket masuk wisata

Untuk bisa masuk ke Kawasan Wisata Kaliurang biaya tiket masuk pada hari biasa Rp 2.000 untuk dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak. Sedangkan harga tiket masuk pada hari libur Rp 3.000 untuk dewasa dan Rp 1.500 untuk anak – anak. Untuk kendaraan juga dikenakan biaya masuk, yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor, mobil Rp 5.000 dan bus Rp 10.000.

Nah sobat, itulah tadi artikel mengenai rute dan jalur menuju wisata Merapi, Kaliurang, Yogyakarta. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk anda semua. Jika ada pertanyaan mengenai seputar wisata, silahkan anda tinggalkan di kolom komentar.

Terimakasih.

Pilihan

 
Back To Top