Rute dan Cara Termudah Menuju Makam Sunan Ampel, Surabaya

Makam Sunan Ampel Surabaya ada di kompleks makam di belakang Masjid Ampel, melewati jalan samping dan tiga gapura. Ketika anda melewati sebuah gapura, pasti seorang penjaga berkata bahwa tidak diperbolehkan memotret Makam Sunan Ampel.

Meski demikian foto Makam Sunan Ampel bisa ditemukan di banyak situs. Lingkungan di kompleks Makam Sunan Ampel tidak jauh beda dengan sekitar Masjid Ampel lainnya, bersih, meskipun cat tembok gapura sudah mulai kelihatan berlumut dan perlu dicat ulang.

Makam sang sunan menjadi tengara bagi kehidupan salah seorang tokoh Walisongo yang berperan besar dalam mengembangkan agama Islam di tanah Jawa. Berkembangnya Islam di Jawa berlangsu pada masa surutnya Kerajaan Majapahit dan lahirnya Kesultanan Demak Bintoro yang Islam.


Alamat Masjid Sunan Ampel:

Jl KH Mas Mansyur Kelurahan Ampel, Semampir, Surabaya, Jawa Timur
Telepon (031)3537948

RuteDan Cara Menuju Makam Sunan Ampel :

- Untuk Mobil Pribadi bisa langsung menuju Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel.
- Bis,dari terminal Bungurasih dilanjutkan Naik bis kota tujuan Jembatan Merah Plasa,lanjut naik Taksi Atau dengan Becak dengan biaya sekitar Rp.8000.
- kereta api bisa turun di stasiun Semut lalu naik becak dengan biaya Rp.7000.

Keunikan Masjid Sunan Ampel:

Keunikan dari masjid sunan ampel ini terletak pada 16 tiang sebagai penyangganya yang terbuat dari kayu jati yang berukuran sekitar 17 meter tanpa adanya sambungan.Tiang penyangga tersebut hingga saat ini masih tetap kokoh berdiri sebagai penyangga masjid sunan ampel, padahal umur kayu penyangga tersebut sudah lebih dari 600 tahun.

Pada tiap tiang penyangga terdapat sebuah ukiran ukiran kuno peninggalan dari zaman Majapahit yang mempunyai makna Keesaan Tuhan. Masjid sunan ampel ini memiliki sekitar 48 pintu yang masih asli, dengan diameter 1,30 meter, dan juga tinggi sekitar 2 meter.

Bangunan lainnya yang juga menjadi ciri khas masjid sunan ampel adalah adanya menara yang menjulang tinggi setinggi 50 meter. menara ini dahulu berfungsi sebagai tempat azan. Di sebelah menara tersebut terdapat sebuah kubah yang berbentuk pendopo jawa, dengan lambang sebuah ukiran mahkota yang berbentuk matahari, yang merupakan sebuah lambang dari kejayaan zaman kerajaan Majapahit.

Di sekitar makam sunan ampel juga terdapat sebuah sumur yang sangat bersejarah. Namun kini sumur tersebut sudah ditutup dengan besi guna untuk menghindari dari tangan tangan jail.Air sumur ini juga dipercaya memiliki banyak kelebihan seperti halnya air zamzam di kota Mekkah.

Khasiat dari air tersebut beragam, diantaranya juga dipercaya dapat untuk menjadi obat. Para peziarah juga sering membawa air ini sebagai oleh-oleh. Wisata Indonesia Surga Dunia.

Dan Selain Kawasan Wisata Makam Sunan Ampel anda juga bisa menikmati beberapa objek wisata yang ada di Kota Surabaya seperti Jembatan Merah, Kebun Binatang Surabaya dan Juga Kya kya kembang Jepun

Nah, sobat traveler...itulah tadi informasi mengenai Cara Menuju Sunan Ampel Surabaya dan keunikannya. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk anda semua. Tetaplah sopan ketika anda berada di kawasan makam.

Terimakasih!

Pilihan

 
Back To Top