Rute dan Cara Menuju Kampung Adat Waerebo dengan Budget Minim

Halo sobat traveler, apa kabar? Somoga anda semua baik-baik saja ya, tetap sehat agar bisa terus traveling. Kali ini admin akan berbagi pengalaman traveling mengunjungi kampung adat Waerebo yang ada di pedalaman Flores, NTT sana.

Dari hasil riset, ternyata banyak sekali pertanyaan-pertanyaan tentang Rute dan Cara menuju Kampung Adat Waerebo ini di google. Maka dari itu, kami akan memberikan solusinya untuk anda yang ingin pergi kesana. Kami juga akan memberikan informasi mengenai biayanya untuk menuju kampung adat tersebut.


Kampung adat Waerebo terletak di Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Jika anda dari kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dll, anda harus terbang dulu menuju Labuan Bajo. Kota paling ujung di barat pulau Flores. Kalau anda ingin hemat, anda sebenarnya juga bisa datang kesini (Labuan bajo) menggunakan transportasi darat.

Baik sobat langsung saja ya, jika anda sudah sampai di Bandara Labuan bajo, silahkan anda menuju pelabuhan Labuan Bajo dulu.

Ke Waerebo dari Labuan bajo naik Transportasi Umum

Labuan Bajo – Ruteng

Nah, jika anda menggunakan transportasi darat, silahkan anda naik mini bus untuk menuju Kota Ruteng. Mini bus jurusan Ruteng bisa anda temui di jalan poros depan pelabuhan Labuan Bajo. Kalau anda ragu, silahkan bertanya dengan orang setempat tentang mini bus yang akan mengantarkan anda.

Untuk estimasi waktunya, perjalanan akan memakan waktu hingga 5 jam. Tergantung mini busnya, perjalanan lancar atau tidak. Tarif transportasi dari Labuan bajo ke Ruteng ini antara 75 rb-100 rb. Mending sebelum berangkat anda tanyakan dulu tarifnya ke pak sopir, siapa tahu berubah.

Usahakan berangkat pagi-pagi sekali, sekitar jam 7 pagi anda sudah harus siap. Kalau kesiangan bisa-bisa anda nggak dapat mini bus! Maklum disana transportasi masih susah, tidak beroprasi 24 jam.

Ruteng - Denge

Dari Ruteng anda harus oper lagi menuju Desa Terakhir sebelum ke kampung adat Waerebo. Sekarang anda harus naik transportasi umum Otokol. Otokol ini adalah transportasi umum dari Ruteng menuju Desa-desa pedalaman, truk yang sudah di modifikasi. Dan tidak selalu beroprasi 24 jam. Bisa-bisa sehari cuma ada 3 keberangkatan.

Dari Ruteng menuju Denge ini anda butuh waktu sekitar 3 jaman. Bisa lebih lagi jika Otokol kebanyakan mampir-mampir mengambil penumpang di jalanan. Yang penting anda harus terus bersabar.

Tarif naik transportasi ini berkisar antar 35 ribu sampai 60 ribu. Sebelum naik, pastikan dulu dengan tanya harganya ke pak sopir agar anda bisa menyiapkan uang. Dan perlu di ingat, di desa denge tidak ada mesin ATM. Bawalah uang secukupnya.

Denge – kampung adat Waerebo

Perjalanan anda tinggal sedikit lagi. Dari desa Denge, anda tinggal jalan kaki sekitar 3,5 jam untuk sampai di kampung adat waerebo. Medan yang anda lewati ini adalah pegunungan. Tidak jauh beda seperti naik gunung. Saran saya, siapkan fisik anda seprima mungkin.

Jika anda kurang berani berjalan sendiri atau dengan rombongan, anda bisa menyewa guide. Silahkan tanya warga setempat, bisakah mereka mengantarkan anda ke waerebo. Tenang, disana orangnya sangat ramah-ramah kok!

Sampai di Warebo

Sekarang anda sudah sampai di Waerebo. Yang perlu anda lakukan ialah mengetuk kentongan yang ada di pos gardu sebelum masuk plawangan kampung adat. Guna kentongan ini ialah kode untuk warga lokal kalau sedang ada tamu datang. Dari sini anda akan disambut dengan upacara waelu’u. Upacara penyambutan untuk pendatang.

Siapkan uang seikhlasnya sebagai syarat ritual upacara ini. Hukumnya wajib!

Jika anda ingin menginap, anda akan dikenakan tarif 350 ribu. Jika anda tidak bermalam anda cukup membayar 250 ribu. Harga tersebut sudah termasuk makan anda selama di kampung adat ini. Anda juga bisa menikmati kopi andalan waerebo. di jamin, anda akan ketagihan.

Nah, sobat traveler, itulah tadi informasi dari nanapedia mengenai cara menuju kampung adat waerebo beserta rincian biayanya. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda.  Dan jangan lupa share artikel ini agar bermanfaat lagi untuk semua orang.

Jika ada pertanyaan, silahkan anda bertanya melalui kolom komentar. Insyaallah pasti akan kami balas.

Happy Traveling!

Pilihan

 
Back To Top