Cara Dan Bahan Untuk Membuat Gitar Elektrik Sendiri

Salah satu cara menyukai dan mencintai gitar tidak hanya dengan bermain gitar. Bisa saja anda membuat gitar sendiri. Kenapa membuat sendiri? karena jika kita membuat gitar sendiri tentu kita lebih bisa mendapatkan kepuasan sekaligus mengasah ketrampilan kita.

Jika saat ini anda memang berencana ingin membuat gitar elektrik sendiri. Maka pas sekali jika anda membaca artikel ini. Disini nantinya saya akan mengulas secara lengkap mengenai cara dan bahan apa saja untuk membuat gitar elektrik.

Sebenarnya untuk membuat gitar elektrik sendiri tidak serumit membuat gitar akustik. Ya, menurut saya memang lebih mudah membuat gitar elektrik karena kita tidak perlu memikirkan konstruksi bagian dalam gitar. Jika anda membuat gitar elektrik, anda cukup anda membuat desain bentuk gitar saja.


Nah sobat, mari kita kupas satu persatu bagaimana cara membuat gitar elektrik sendiri.

Bahan


Tentu anda harus mempunyai bahan sebelum membuat gitar. Untuk bahan kayunnya terserah anda, anda bisa membuatnya dari kayu Sono Keling, Maple, Nangka, dll. Tinggal anda sesuaikan saja coraknya yang pas seperti keinginan anda.

Bahan yang lainnya yaitu Pickup, Freet, Nute, dan Drayer. Bahan-bahan tersebut bisa anda dapatkan di toko-toko musik besar yang ada di kota-kota besar. Atau anda bisa mendapatkannya melalui toko online seperti Bukalapak dll.

Desain


Buatlah desain gitar sebagus mungkin. Anda tidak perlu meniru gitar-gitar yang sudah ada seperti Fander, Ibanez, Cort, dll. Buatlah desain sendiri yang berbeda dan yang menarik perhatian orang. Misalnya pada bagian body gitar anda ukir batik atau semacamnya agar terkesan lebih Indonesia.

Bangga dong, kalau punya gitar yang Indonesia banget!

Alat


Alat sangat penting dan vital dalam pembuatan gitar. Salah satunya ialah gergaji mesin, gergaji pentang, amplas, cetakan, penggaris, dll. Karena tanpa alat anda tidak mungkin bisa membuat gitar sendiri.

Tidak perlu alat yang serba canggih, sebenarnya alat-alat manual juga bisa anda gunakan, tapi waktu anda akan lebih lama terbuang. Semuanya kembali ke diri anda, kalau anda telaten pasti bisa kok. Dan pengerjaannya tidak akan lama.

Perakitan


Jika bagian-bagian gitar sudah terbuat, anda tinggal menyatukan itu semua. Misalkan menyatukan Neck, Freet, Nute, Drayer, Pick up dan Body sampai gitar kelihatan jadi 80%. Dari sini anda juga harus telaten dalam mengukur, semua bagian harus benar-benar presisi agar suara gitar seperti yang anda harapkan.

Finisihing


Inilah bagian terakhir yang membutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Anda harus telaten mengamplas semua bagian agar semua bagian terlihat mulus dan rapi. Jangan terburu-buru untuk di cat kalau masih ada bagian yang kurang mulus.

Terus amplas dan amplas sampai gitar benar-benar mulus sempurna. Dan setelah semua sudah beres tinggal tahap terakhir yaitu mengecat bagian. Setelah di cat kemudian di gosok lagi dengan cairan agar lebih mengkilat.

Nah, sobat. Itulah tadi artikel dari nanapedia mengenai Cara Membuat Gitar Elektrik Sendiri. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda yang ingin membuat gitar sendiri dirumah. Yang perlu anda ingat lagi ialah : Tlaten. Yup, tlaten adalah kunci sukses untuk meraih hasil yang baik dalam pembuatan gitar.

Salam.

Pilihan

 
Back To Top