Rute dan Jalur Termudah Menuju Tebing Breksi, Yogyakarta

Bila kita membicarakan tempat wisata di Jogja memang tak ada habisnya, selain tempat wisata sejarah, wisata pantai, dan wisata kuliner. Yogyakarta Jogja juga mempunyai destinasi unik yang belum banyak terekspose. Yakni Tebing Breksi mungkin para traveler masih asing dengan tempat yang satu ini, didaerah perbatasan dengan kota Klaten dengan Jogja.

rute menuju tebing breksi
Taman tebing breksi gunung purba Yogyakarta ini berlokasi di di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Kurang lebih 1 kilometer sebelum Candi Ijo (dari jalan Prambanan – Piyungan).

Tempat wisata yang satu ini memang unik, karena mengedepankan tebing sebagai obyeknya. Tebing yang tampak bagai mahakarya seni raksasa ini diresmikan oleh Gubernur D.I Yogyakarta pada 30 Mei 2015.

Bersamaan dengan Tebing Breksi, diresmikan punya Tlatar Seneng, sebentuk area luas yang dilengkapi tempat duduk melingkar dilengkapi panggung bulat berdiameter kira-kira 15 meter. Tlatar Seneng berada satu kawasan dengan Tebing Breksi dan difungsikan untuk tempat pertunjukan kesenian disana. Sekilas panggung ini mengingatkan kita pada Colosseum di Roma Italia.

Tebing breksi memang lebih banyak disukai bagi penikmat wisata khusus yang bersifat petualangan seperti misalnya panjat tebing, sepeda gunung atau fotografi. Banyak bagian dari tempat ini yang indah untuk dijadikan sebagai obyek foto. Foto pre wedding juga sangat cocok jika dilakukan di tempat ini.

Jika dilihat-lihat maka tempat ini mirip dengan Brown Canyon di Semarang atau bentuk mini dari Grand Canyon di Amerika Serikat. Mungkin dengan semangat yang sama maka dibukalah tempat ini menjadi obyek wisata.

Rute Dan Jalur Menuju Tebing Breksi

Rute menuju Tebing Breksi yang paling mudah ditempuh adalah dari Candi Prambanan. Jadi kalau datang dari Jogja, langsung menuju arah Candi Prambanan, kemudian di pertigaan pasar Prambanan ambil kanan arah ke Piyungan. Dari situ sekitar 3 km menuju Tebing breksi. 

Cari petunjuk arah ke Candi Ijo kemudian ambil kiri (pertigaan ini sebelum SDN Sambirejo). Dari pertigaan ini masih harus menempuh perjalanan sekitar 1 km. Jalan menuju Tebing Breksi ini cukup menanjak dan kondisinya juga tak terlalu mulus.

Harga Tiket Masuk Wisata Tebing Breksi

Untuk masuk ke area wisata Taman Tebing Breksi, pengunjung belum dikenakan biaya retribusi, hanya cukup membayar biaya parkir Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Wisata Tebing Breksi

Belum tersedia fasilitas di tempat ini, seperti misalnya toilet, tempat ibadah atau tempat sampah, sehingga wisatawan diharapkan dapat menyesuaikan kondisi ini. Mohon untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Menurut rencana, akan disiapkan area outbound di lokasi ini, sehingga diharapkan fasilitas yang memadai akan menyusul dipersiapkan.

Nah, sobat travelers, sekarang anda sudah mengetahui dimana alamat tebing breksi ini kan? Sekarang anda tinggal mengunjunginya. Semoga artikel dari nanapedia ini membantu dan bermanfaat buat anda dan keluarga.

Happy Traveling!

Pilihan

 
Back To Top