Cara Membatalkan Pesanan Tiket/ Hotel di Traveloka Terbaru

Sobat, diantara kita jika sedang merencanakan bepergian kadang-kadang pasti ada kendala yang mendadak. Nah repotnya itu kalau kita sudah memesan tiket, dan sudah terlanjur bayar. Tentu kita akan semakin bingung dibuatnya, bukan?

Anda juga pasti akan bertanya-tanya, apakah uang saya akan kembali jika? Tenang, nanti saya akan menjawab pertanyaan anda itu.

Dalam artikel ini, kita fokuskan ke bagaimana cara membatalkan pesanan tiket/ refund melalui Traveloka. Di agen tiket online yang satu ini kita bisa membatalkan tiket yang sudah kita beli, loh. Bagaimana caranya? Silahkan disimak pada tulisan dibawah ini.

Cara pembatalan pesanan di Traveloka :

Masuk ke website traveloka, dan login ke akun mamber anda.


Klik tulisan “pesanan saya”, Kemudian pilih pesanan tiket yang ingin anda batalkan atau refund.



Baca ketentuannya terlebih dahulu, jika anda setuju, langsung centang tanda yang ada dikolom, lalu klik “lanjutkan”.


Sekarang anda sudah berhasil membatalkan tiket pesanan anda di traveloka, pengajuan ini akan segera di proses Traveloka dan anda nanti akan mendapatkan email pemberitahuan.

Sobat, yang perlu anda ingat ialah pihak dari traveloka sendiri tidak bisa mengembalikan uang anda sepenuhnya. Biasanya uang anda akan kembali sekitar 50% (sekitar separuh dari harga pembelian). Dan proses itu bisa memakan waktu selama 90 hari.

Silahkan baca dulu ketentuan refund di traveloka, begini ketentuannya :

1. Proses refund pesawat bisa berlangsung hingga 90 hari dan hotel hingga 5 hari. Kemungkinan, ada biaya atas refund yang Anda ajukan.

2. Pengajuan refund untuk tiket pesawat dan hotel yang dipesan di Traveloka tunduk pada syarat dan ketentuan refund yang telah ditentukan oleh pihak maskapai dan kebijakan hotel.

3. Form Online pengajuan refund harus diisi oleh penumpang atau tamu hotel (jika penumpang/tamu mampu secara legal), atau wakil sah secara hukum (orang tua kandung atau orang tua asuh) jika penumpang atau tamu hotel tidak mampu secara legal atau di bawah umur, atau pihak lain yang bertanggung jawab langsung terhadap pembelian tiket pesawat dan voucher hotel di Traveloka.

4. Refund dengan cara transfer hanya akan diproses jika nama pemilik rekening penerima sama dengan salah satu dari penumpang atau tamu hotel terdaftar, atau sama dengan nama pemesan. Jika pemilik rekening berbeda dari dua syarat tersebut, mohon menyertakan scan Surat Kuasa yang ditandatangani penumpang atau tamu hotel terdaftar, dan scan kartu identitas penumpang/tamu hotel dan pemesan.

5. Transaksi menggunakan kartu kredit tidak dapat dikembalikan secara tunai. Pengembalian dana dilakukan dalam bentuk pengembalian limit kartu (reversal) dan mengikuti syarat & ketentuan bank penerbit kartu.

6. Jumlah dana refund (termasuk 100% refund) yang dikembalikan untuk transaksi multi-currency akan disesuaikan dengan nilai tukar mata uang terkait yang berlaku pada saat booking.

7.Traveloka berhak meminta kelengkapan dokumen atau informasi tambahan sehubungan dengan persetujuan pengajuan refund oleh pihak maskapai atau hotel. 

8. Pengajuan pembatalan penerbangan dapat dilakukan penumpang atau pemesan dengan cara langsung menghubungi Call Center maskapai, namun pengajuan refund WAJIB dilakukan melalui Traveloka. Nomor Call Center maskapai dapat Anda temukan di halaman Prosedur Refund. Pengajuan pembatalan reservasi hotel dan refund WAJIB dilakukan melalui Traveloka.

9. Traveloka tidak dapat menjamin semua pengajuan refund dapat disetujui oleh maskapai atau hotel, karena tidak semua maskapai memiliki ketentuan refund/pengembalian dana dan tidak semua kamar hotel adalah refundable. Mohon lihat ketentuan tiap maskapai terkait refund di halaman Prosedur Refund. Untuk reservasi hotel, mohon lihat ketentuan pembatalan tiap kamar hotel.

10. Biaya transfer bank untuk pengembalian dana refund ditanggung sepenuhnya oleh pemilik rekening penerima refund.

11. Pengajuan refund secara otomatis akan membatalkan pemesanan.

12. Form Refund yang telah kami terima TIDAK DAPAT ditarik kembali atau dibatalkan pengajuannya dengan alasan apa pun.

13.Traveloka  tidak bertanggung jawab atas terhambatnya proses refund akibat kesalahan pengisian data pada FORM ONLINE pengajuan refund ataupun kurangnya kelengkapan dokumen atau informasi tambahan sehubungan dengan persetujuan pengajuan refund oleh pihak maskapai atau hotel.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Pilihan

 
Back To Top