5 Tempat Strategis Untuk Bisnis Kedai/ Warung Kopi

Saat ini bisnis usaha kedai dan warung kopi sepertinya sudah menjamur di penjuru daerah Indonesia. Ngopi, nongkrong pun sudah jadi gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat di negara ini. Tua, muda, wanita pun bukan sesuatu yang aneh jika kita temui mereka di warung kopi.

Kedai atau warung kopi ini sangat menjanjikan memang, teruntuk yang mempunyai modal. Mengingat usaha ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, maka pelaku usaha kedai warung kopi pun harus memikirkan secara matang-matang agar usahanya lancar dan berpenghasilan besar.

Sobat, kali ini saya akan berbagi dengan kamu informasi seputar bisnis kedai dan warung kopi. Lebih spesifiknya, saya akan membahas tentang Tempat-tempat Strategis Untuk Membuka Usaha Warkop/ Kedai kopi.

Kenapa saya membahas tempat? Karena awal dari usaha ini adalah memilih segmen pasar. Jadi sangat penting sekali untuk masa depan usaha kamu. Masa kamu mau, buka warung kopi di tempat yang nggak strategis? Tempatnya sepi, nggak nyaman, mana ada yang mampir ngopi?


Baiklah, langsung saja kita simak bagaimana tempat yang cocok untuk memulai usaha warung/ kedai kopi.

Dekat Kampus/ Perguruan Tinggi

Jika kamu membuka warung/ kedai kopi disini, saya yakin usaha kamu tidak akan mati, dan akan selalu kebanjiran pembeli. Tapi ingat, dalam hal ini kamu juga harus mengutamakan pelayanan dan juga kualitas hidangan yang kamu sajikan di kedaimu.

Biasanya kalau pembelinya adalah mahasiswa, mereka itu senang dengan tempat ngopi yang luas. Tak perlu mewah-mewah kok, cukup sediakan terminal listrik dan wifi maka pelangganmu akan setia, dan selalu balik ke warungmu.

Dekat Pabrik

Membuka usaha warung/ kedai kopi di dekat pabrik ini juga sangat menjanjikan, pasalnya setiap karyawan akan butuh minuman atau kopi untuk menghilangkan rasa ngantuk mereka setelah bekerja beberapa jam. Yang harus kamu ingat kalau buka warung kopi di dekat pabrik adalah, jangan pernah menulis di warung “tidak menerima bon”.

Kenapa nggak boleh, min? Saya rasa kamu sudah tahu jawabanya.

Dan kelebihan lainya ialah, jika pabrik tersebut karyawannya banyak yang perempuan, maka biasanya akan banyak penjemput si karyawan perempuan tersebut. Nah, mereka ini biasanya akan mampir ngopi juga lho.

Dekat Terminal

Kita tahu sendiri kalau terminal merupakan tempat lalu lalangnya orang tiada henti. Sudah pasti, jika kamu buka usaha kedai kopi disini maka akan selalu laris. Tak perlu menjual yang mahal-mahal sesuaikan saja dengan modal tengkulak kamu, untung sedikit-sedikit tak masalah, yang penting mengalir lancar.

Bukan begitu? Yes.

Sayangnya, mencari tempat atau lahan untuk mendirikan usaha warkop diterminal modalnya juga mahal. Biaya sewanya juga tinggi. Tapi itu tidak masalah, yang penting ialah no 1 : pelayanan dan harga jual yang nggak ogal-ogalan.

Dekat Pasar

Saya punya teman yang punya usaha warung kopi di dekat pasar, dan gimana hasilnya? Luar biasa gais, pembelinya sangat banyak. Apalagi saat pagi hari dimana orang-orang sibuk dipasar untuk bertransaksi jual beli, sudah pasti kamu akan kebanjiran pembeli.

Meskipun kita cuma jualan air, tapi untungnya tahu sendiri kan kalau gede? Maka dari itu bukalah warung yang deket dengan pasar.

Dekat Ruko/ Perkantoran

Di tempat-tempat seperti ini juga menjanjikan loh, meskipun nanti kamu buka warkopnya sederhana, di emperan sekalipun. Saat jam-jam istirahat orang kantoran akan berbondong-bondong menuju warkopmu untuk sekedar minum-minum es atau kopi, atau makan gorengan.

Sebelum kamu buka warung di tempat seperti ini, kamu juga harus bisa membaca situasi. Apakah warkopmu itu lahannya legal, atau ilegal. Ingat ya gais, jangan asal mendirikan bangunan. Meskipun itu cuma berkonsep pedagang kaki lima.

***
Sobat, itulah tadi tempat-tempat strategis untuk kamu yang ingin membuka usaha warung/ kedai kopi. Sebenarnya yang terpenting ialah Pelayanan, Fasilitas, dan Luas Tempat. Jika warkopmu longgar, maka pembeli akan nyaman. Dan satu hal lagi, jangan pernah membunyikan musik keras-keras di warkopmu.

Kenapa? Berisik tahu nggak!

Warkop itu tempat nongkrong, tempat merefresh otal sejenak. Membunyikan musik tidak masalah, yang penting tipis-tipis saja, asal mereka si pengunjung dengar. Dan mereka akan lebih menikmati musik tersebut.

Jangan sampai si pengunjung kesusahan mengobrol dengan temannya karena tidak dengar, gara-gara musik yang kamu bunyikan kaya di diskotik!

Oke, kali ini itu saja yang bisa nanapedia berikan untuk kamu. Semoga artikel tentang 5 Tempat Strategis Untuk Bisnis Kedai/ Warung Kopi ini bermanfaat dan menginspirasi kamu untuk menjalankan usaha warkop/ kedai kopi. Saya doakan selalu sukses kok. Dan jangan lupa untuk kembali ke blog ini untuk melihat tips-tips menarik lainnya.

Tabik!

Pilihan

 
Back To Top