Penghasilan anda dibawah 2 juta? Begini caranya menabung yang benar

Semua orang rasanya telah tahu jika menabung merupakan hal yang bermanfaat dan penting untuk masa depan. Namun tidak banyak yang bisa melaksanakannya sebab berbagai macam alasan yang sebenarnya tak perlu muncul apa lagi di amini. Alasan yang biasanya sering muncul adalah soal gaji yang pas-pasan, gaji hanya cukup untuk makan sehari-hari, bahkan gaji tidak cukup.
Maka dari itu ubah alasan Anda dengan gaji yang sedemikian minim dengan asumsi bagaimana caranya tetap bisa nabung. Nah jika Anda memang mau menabung dengan kondisi gaji yang dibawah dua juta alias gaji minim, berikut caranya agar Anda tetap bisa nabung.

1. Miliki Dua Rekening Tabungan Atau Lebih

Memiliki dua rekening tabungan dapat membantu Anda menabung. Rekening tabungan yang pertama bisa di gunakan untuk menerima gaji dan melakukan bermacam-macam transaksi. Rekening yang kedua sebaiknya menggunakan bank yang tidak memotong tabungan Anda alias bebas pajak, dan tak usah membuat kartu ATM. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari keinginan untuk menghabiskan uang yang ada dalam tabungan Anda.

2. Daftarkan Diri dalam Asuransi Kelas Menengah

Asuransikan kesehatan Anda dengan asuransi kelas menengah agar setorang atau tagihannya tidak terlalu besar. Anda juga bisa terhindar dari tagihan Rumah Sakit yang besar ketika Anda mengalami sakit. Kemudian, pilih produk asuransi yang memperbolehkan Anda mendapatkan kembali uang Anda ketika Anda tidak mengajukan klaim dalam waktu tertentu, karena kegiatan itu adalah tak ubahnya nabung, maka harus ada setoran rutin pada setiap bulannya.

3. Buat Anggaran Pribadi

Buatlah rencana keuangan Anda pribadi. Misalnya, belanjakan uang Anda hanya 50% dari total gaji. Besarnya nominal tersebut dapat Anda atur sesuai dengan kebutuhan Anda. Uang yang harus ditabungkan tidak perlu terlalu besar, namun yang Anda perlukan adalah rutin menabung, boleh hanya 20% saja dari total gaji Anda yang harus Anda tabung, juga jangan sampai uang yang Anda tabung dipakai kecuali ada keperluan yang mendesak.

4. Hindari Kartu Kredit

Kartu kredit sejenak memang sangat enak digunakan, bahkan lebih simpel dari sistem pembayaran apa-pun. Namun secara tak sadar Anda telah menggerogoti uang tabungan Anda sendiri dengan memakai kartu kredit tersebut sehingga hal ini tidak perlu Anda lakukan.

5. Adakan Arisan Bersama Teman

Agar  lebih bermanfaat ketika Anda dan teman-teman Anda berkumpul, maka mengadakan arisan sepertinya lebih cocok karena arisan masih merupakan bagian dari menabung dan bisa membuat pertemanan Anda semakin berarti. Tentukan nominal iurannya, tentu sesuai kemampuan, dan pilih sistem yang jelas dalam arisan yang akan Anda jalankan dengan teman-teman Anda.

6. Investasi Kecil-Kecilan

Investasi masih tergolong hal yang sangat penting bagi masa depan atau kondisi dikemudian hari. Dengan berinvestasi, Anda juga masih di ibaratkan menabung namun tak perlu Anda setor sebagaimana Anda menabung di bank. Investasi kecil-kecilan bisa Anda pilih sendiri sesuai kemampuan.

7. Ubah Kebiasaan

Jika selama ini Anda masih tergolong dengan kebiasaan hidup yang menengah keatas alias makan harus enak, berkumpul dengan teman harus ditempat yang enak pula, maka ubah kebiasaan tersebut dengan tanpa mengurangi semua rasa itu, yakni semisakl Anda makan dengan seadanya namun dinikmati yah bukan asal lewat ditenggorokan aja gitu, lalu berkumpul dengan teman dikurangi atau cari tempat yang sedang ada promo atau budget murah meriah.

8. Buat Skala Prioritas Belanja Bulanan

Membuat sekala prioritas terutama dalam hal belanja, tentunya akan sangat membantu Anda, terutama dalam hal memenuhi kebutuhan. Sekala prioritas tak perlu memandang keinginan Anda, namun harus tetap memperhatikan dan sesuai dengan uang yang akan Anda gunakan juga apa yang menjadi kebutuhan Anda.

Saya rasa tidak sulit untuk dilaksanakan, meskipun gaji kita masih dibawah dua juta alias minim. Namun bukan terletak pada berapa besaran gaji yang kita dapat, namun sebesar apa keinginan kita untuk menabung untuk kondisi hidup kedepannya. Pada awalnya mungkin memang masih terasa sulit banget, namun jika terus dijalani, percayalah, hal sulit itu akan berganti dengan senyum bahagia karena tak terasa ternyata Anda mempunyai tabungan yang kelak bisa Anda nikmati.

Pilihan

 
Back To Top