Lokasi Dan Cara Menuju Pantai Patuk Gebang, Tulungagung

Tulungagung tak pernah kehabisan pesona yang ditawarkan kepada wisatawan. Akhir-akhir ini semua pihak masyarakat Tulungagung sedang gencar-gencarnya mempromosikan keindahan alam yang berada di Kota marmer in. 


Dari pantai, air terjun, waduk, pegunungan, semua ada, begitu lengkap. Jika anda sedang pergi ke Tulungagung sempatkanlah juga ke pantai yang satu ini. 



Pantai yang terbilang masih perawan, belum banyak terjamah oleh tangan-tangan manusia. Patuk Gebang, begitulah namanya. Salah satu pantai primadona di Kota Tulungagung.


Pantai Patuk Gebang terletak di provinsi Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Tanggung Gunung Kabupaten Tulungagung. Ya, memang Tulungagung merupakan salah satu kota yang memiliki banyak pantai-pantai indah, termasuk pantai-pantai yang belum terekspose luas. Salah satunya adalah Pantai Patuk Gebang ini.

Bagaimana, Apa anda tertarik? Jika tertarik berikut ini Rute Untuk Menuju Pantai Patuk Gebang.
  1. Pertama-tama menuju kecamatan Boyolangu, setelah itu lanjutkan perjalanan menuju kecamatan Campur Darat. Waktu yang ditempuh sekitar 30 menit dari kota Tulungagung. 
  2. Setelah anda sampai di pasar Campur Darat, terdapat papan petunjuk arah bertuliskan arah lurus ke Trenggalek dan arah kiri ke Tanggunggunung. Ambil arah belok ke kiri, ikuti saja jalan raya sampai bertemu SMA 1 Campur Darat. Setelah melihat SMA 1 Campur Darat, anda akan menemui pertigaan dan terdapat papan petunjuk arah ke kiri menuju Tanggungunung. Belok kiri dan ikuti jalan sampai ketemu kecamatan tersebut. Waktu yang ditempuh kurang lebih 15-30 menit.
  3. Sampai di kecamatan Tanggunggunung, tanya ke penduduk sekitar arah petunjuk menuju pantai Sanggar. Akan lebih mudah jika anda bertanya di mana letak lokasi SMP 1 Tanggunggunung. 
  4. Setelah ketemu SMP 1 Tanggunggunung, ambil arah belok kanan dan ikuti saja jalan yang beraspal sampai mentok. 
  5. Ketika anda sudah tidak menemui jalan beraspal, anda bisa bertanya ke penduduk sekitar kalau kurang yakin. Anda akan diarahkan terus saja menyusuri jalanan rusak sampai bertemu jembatan yang terdapat petunjuk arah menuju pantai Sanggar. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 30-45 menit. 
  6. Setelah sampai di desa terakhir, terdapat petunjuk arah bertuliskan pantai Sanggar. Anda mungkin agak ragu dengan petunjuk arah tersebut, karena mengarahkan anda ke jalan yang sangat sempit sekali seperti gang. Jalan tersebut hanya cukup dilewati maksimal 1 mobil. Jika anda membawa mobil, maka kendaraan anda maksimal berhenti di desa terakhir. 
  7. Setelah itu anda melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 45-60 menit. Jika membawa motor, anda dapat meneruskan perjalanan dengan kendaraan anda sampai lokasi pantai. Catatan kepada pengendara motor, apabila situasinya sedang hujan maka lebih baik anda titipkan saja motornya di desa terakhir dan lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Karena kondisi jalanan menuju pantai Sanggar adalah tanah liat, lebih aman jika tidak berkendara.
Saya harap rute ini sudah cukup jelas untuk anda bisa sampai ke Pantai pathuk Gebang. Selamat bertualang dan tetap jaga kebersihan.

Pilihan

 
Back To Top