Hobi yang bisa menghasilkan uang, yang mana hobimu?

Setiap orang pasti punya hobi, walaupun tidak semuanya, tapi paling tidak punya kesenangan dan kuskaan dalam melakukan suatu hal. Jika anda punya hobi yang positif, maka jangan tanggung-tanggung untuk mengembangkanya sampai anda benar-benar ahli di hobi yang anda sukai. 

Kenapa harus di kembangkan? pernah mendengar kutipan ini "Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang di bayar". Ya, itu adalah kutipan dari Pak Ridwan Kamil.

Anda menganggap hobi adalah hiburan atau mainan. Bayangkan jika anda sedang bermain   dan cari hiburan malah anda di bayar? Siapa yang tidak mau? Nah, dari sinilah kita harus menggali potensi yang ada di dalam diri kita. Mencari tahu apa yang bisa di jadikan modal untuk masa depan kita melalui hobi.

Sahabat, dalam tulisan kali ini kami akan mencoba memberikan sedikit inspirasi hobi yang bisa anda jadikan pekerjaan sampingan, bahkan pekerjaan fulltime. Jika point di bawah nanti ada salah satu hobi yang anda sukai atau jalani, segeralah & mindset bahwa anda sedang bermain tapi dapat bayaran.
Baiklah, langsung saja kita simak hobi-hobi yang bisa mendatangkan pundi-pudi rupiah. 

Musik
Musik adalah tentang di hibur dan menghibur. Anda bermain musik untuk menghibur diri, dan secara tidak sadar anda juga sedang menghibur orang lain yang mendengar. Dari musik anda bisa menjadi musisi terkenal, atau paling tidak menjadi band pengisi cafe. Dan yang paling mulia lagi ada; Menjadi guru musik. Jangan salah, guru musik itu bayaranya lumayan. Bisa sampai dua digit loh!

Menggambar
Ya, jika anda dulunya sering corat-coret mengungkapkan perasaan anda di kanvas, atau dinding dsb tanpa memperoleh modal balik, sekarang anda bisa mencari keuntungan. Jadi tidak hanya terus-terusan modal yang di keluarkan. Anda bisa buka jasa melukis wajah, sketsa, atau karikatur. Kalau lukisan anda menarik, tak usah promosi besar-besaran pun orang akan datang ke anda. Dan rupiah akan terus mengalir.

Travelling
Ini jalan-jalan kok malah di bayarin? Iya benar. Bagaimana, apa anda tertarik? Senang-senang malah di bayarin. Jadi tugas anda adalah mereview, entah itu mengulas tentang hotel, kuliner, atau tempat wisata yang baru. Anda bisa menuliskanya lewat jejaring sosial, misal Blogspot gratisan dan jangan lupa sertakan foto-foto liburan anda. 

Memang awalnya kita pakai modal pribadu, tapi jika tulisan anda menarik, sponsor akan mencari anda dengan sendirinya. Ya, jasa anda di minta untuk mengulas produk mereka. Kalau anda sudah menjadi seorang travel writing profesional, 1 postingan di blog anda bisa di hargai jutaan rupiah, bahkan sampai puluhan!

Main Sosmed
Ganteng dikit ckrek, cantik dikit cekrek! Tidak usah minder kalau foto. Ada kan dari anda yang hobi selfie? beruntungkah jika anda mempunyai wajah cantik dan ganteng. Secepatnya anda harus buat akun sosmed instagram. Posting foto-foto terbaik anda disana, dan cari followers sebanyak-banyaknya. 

Dari mana dapat uangnya? Pengiklan atau Endorser! Ya, jika follower anda banyak kira-kira di atas 10 K, para pengiklan akan menghubungi anda. Anda disuruh mempromosikan produknya. Dan sekali posting saja bisa jutaan yang kita dapat! kita sedang mainan sosmed, dan dapat uang loh!

Olahraga
Sudah dapat sehat, dapat uang juga! Tapi bagaimana caranya? ya, yang pertama memang kualitas yang anda miliki. Siapa tau anda jadi atlit, yang biasanya anda lakukan bulutangkis di halaman rumah, kemudian ada pelatih pencari bakat melirik anda saat latihan atau bermain bulutangkis. Semua cabang olahraga bisa untuk mendatangkan rupiah, asal anda niat. Atau paling tidak anda menjadi instruktur fitnes dan senam. Bayaranya juga lumayan loh, dapat sehat dapat uang!

Photography
Hobi yang satu ini memang sangat menarik. Dan kalau kita sudah ahli, banyak cara mendatangkan pundi-pundi dari photohraphy. Contohnya saja dengan job wedding, kita disuruh motret seseorang yang ingin merayakan pernikahan. Atau, kita bisa menjual foto kita di dunia maya. 

Apa bisa di jual? tentu bisa, coba anda kunjungi website www.fotolia.com. Disana anda bisa menjual karya-karya foto anda. Dan menariknya di fotolia ini bukan semacam beli putus. Jadi 1 foto bisa di beli lebih dari satu orang. Bayangkan jika foto anda ribuan yang terjual, Dollar akan terus mengalir ke rekening anda.

Menulis
Banyak yang memiliki hobi ini dan banyak yang juga sukses. Tak perlu jadi penulis kondang. Tak perlu membuat novel setebal bantal. Anda cukup memeliki Blog gratisan. Sudah tau blog kan? kalau belum tau bisa cara di internet. Kalau ingin membuat blog anda bisa melihat disini. 

Dari mana datangnya uang dari blog? Dari iklan. Ya dari iklan Google Adsense misalnya. Dan banyak lagi kok, jenis-jenis periklanan pada blog. Yang penting dalam hal ini adalah, anda harus konsisten menulis. Jika pengunjung blog anda sudah banyak, bukan tidak mungkin blog anda akan menghasilkan ribuan Dollar tiap bulannya.

Membuat Video
Mengunggah video ke Youtube. Terserah video apa saja, yang penting tidak mengandung unsur sara . Video main musik misalnya, atau video macam-macam tutorial dari bidang yang anda kuasai. 

Bagaimana dapat uangnya? Sama dengan poin di atas. Memonetisasi Video kita dengan iklan adsense. Tidak sedikit youtuber Indonesia yang sukses dengan pekerjaan yang awalnya adalah sebuah hobi ini. Contohnya adalah Raditya Dika dan Bayu Skak. Ribuan Dollar hasilnya!

Sahabat, itulah tadi sedikit inspirasi dari saya. Semoga anda bisa menyalurkan hobi anda ke hal yang lebih baik. Karena jika kita senang menjalani hobi kita, tentu kita akan senang dan tanpa beban saat bekerja. Semoga sukses, salam.

Pilihan

 
Back To Top