Air Terjun Ngelirip, Warna Airnya Memanjakan Mata

Sahabat, dalam artikel kali ini saya akan memeberikan rekomendasi wisata menarik jika anda sedang berkunjung ke Jawa Timur dan Mampir ke Kota Tuban. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang mengagumi wisata alam terutama air terjun. 

Bukanya air terjun itu sama saja seperti di kota-kota lainya seperti Malang, Probolinggo dan Batu? Bukan, ini lain dari pada yang lain!

Siapa sangka di bumi wali Tuban ini menyimpan surga wisata air terjun yang keindahanya sangat memukau. Jika anda melihatnya pasti anda akan termanja oleh airnya yang berwarna hijau tosca. Ya, tentu jarang-jarang air terjun yang mempunyai warna seperti ini. 

Nama air terjun ini adalah Air terjun Nglirip. Air Terjun ini memiliki mitos yang sangat kuat. konon, di tempat ini terdapat goa dan disitulah tempat roh dari Putri Nglirip bergentayangan. 


Ada banyak versi yang menceritakan tentang mitos putri nglirip, salah satunya adalah dulu ada sesosok wanita yang menunggu kekasihya sekian lama di gua ini, dan kekasihnya itu pun tidak kunjung datang. Sampai saat ini masyarakat sekitar banyak yang masih percaya tentang sosok putri nglirip. Masyarakat bahkan ada yang percaya bahwa putri nglirip masih sering bermain-main di air terjun sambil ditemani putri-putri pengawalnya.

Air terjun Nglirip ini terletak di desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, di sebelah timur Kompleks pemakaman "Mbah Jabar". Sekitar kurang lebih 38 KM ke arah barat dari Kota Tuban. 

Untuk sampai ke air terjun ini sangat mudah, karna letaknya berada di jalur alternatif, sehingga dengan menggunakan mobil pribadi pun bisa langsung sampai ke lokasi dengan mudah. Jika dari Kota Tuban bisa mengambil rute ke arah Merakurak, Kemudian Montong, Lalu Singgahan. Sedangkan jika dari Daerah Bojonegoro atau Jatirogo bisa berhenti di Perempatan Anjlok, kemudian mengambil jalan kearah Montong, kurang lebih 2KM.

Bagaimana Sahabat, apa anda tertarik mengunjunginya? Jika anda berencana ke wisata air terjun ini sebaiknya jangan sekali-kali anda mandi di kolam atau kubangan airnya karena sudah banyak korban yang tenggelam dan berakhir dengan meregang nyawa. Bersikaplah sopan dan santun terhadap alam, dan selalu jaga kebersihan. Selamat bertualang.

Pilihan

 
Back To Top