5 Destinasi Wisata Paling Hits Di Jawa Timur

Bicara soal pariwisata di Jawa Timur mungkin tidak akan pernah ada habisnya. Jika anda mencari Wisata alam seperti laut, air terjun, gunung, danau, semua ada. Tidak terkecuali. Semua ada dalam kemasannya sendiri. 

Misalnya anda ingin mendaki gunung, Semeru bisa jadi tempat pilihan. Atau anda ingin hanya menikmati suasana pegunungan, anda bisa ke magaten cemoro sewu, yang tentunya ini tidak membutuhkan jalan kaki yang lama. Sementara anda yang penikmat wisata bawah laut, Pulau Bawean lah solusinya.

Setiap kota di Jawa Timur kini gencar mempromosikan pariwisata di daerahnya. Banyuwangi misalnya, beberapa pagelaran festival budaya rutin di adakan. Semua kota berlomba-lomba menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Jawa Timur memang layak menjadi tujuan para turis, kini nama Jawa Timur bukan hanya datang dari gunung Bromo, atau Kawah ijen saja. Yang pasti semakin banyak sekali destinasi wisata yang ada di Jawa Timur. Sahabat Media Celoteh, jika anda ingin berkunjung ke Jawa Timur, berikut ini rekomendasi tempat wisata dari kami, dan tentunya masih bersih dan alami! silahkan di simak.

1. Danau Ranu Agung 




Ranu Agung terletak di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris, Probolinggo. Sekitar 40 km dari pusat kota dengan ketinggian 525 mdpl. Danau Ranu Agung adalah sebuah danau vulkanik yang terbentuk dari gunung Lemongan. Kanan kirinya berupa tebing-tebing yang begitu eksotis sehingga pengunjung akan termanja olehnya. 

Selain itu, jika anda berkunjung ke danau ini jangan lewatkan menaiki kapal bambu yang sudah di sewakan oleh penduduk. Anda bisa mendayung kapal sesuka hati menikmati danau segar. Camping ceria juga tentunya wajib. Jika anda berminat mendirikan tenda, anda bisa minta ijin terlebih dahulu kepada petugas pengelola wisata, dan akan di kenakan tarif.

2. Gunung Budeg 


Gunung Budeg merupakan sebuah gunung yang penuh dengan cerita dan legenda di daerah Tulungagung. Gunung ini terletak di Kecamatan Campurdarat, Tulungagung.Gunung Budeg memiliki ketinggian kurang lebih 600 mdpl, dengan 2 puncak Utama yang berbeda. Puncak Cikrak dan puncak Joko Budeg. 

Akses menuju gunung ini bisa dikatakan mudah dan cepat. Jika anda dari kota, cukup ke arah selatan ke arah cari saja tujuan Boyolangu atau Campur darat, dari situ anda bisa bertanya lagi kepada warga, menanyakan letak Gunung Cikrak, karena dikalangan masyarakat Tulungagung gunung ini lebih populer dengan nama gunung Cikrak.

3. Pantai Pulau Merah


Pantai ini nyaris serupa dengan pantai Kuta di Bali atau pantai Papuma di Jember dan sangatlah pas untuk beberapa peselancar yang mau mencoba ketrampilannya dalam ber-surfing ria. Dengan ombak setinggi 2 hingga 3 mtr beberapa peselancar dapat lakukan manuver tehnik tubes. Untuk menuju pantai ini, anda mengaksesnya dari kota Jember dengan jarak 100 km. 

Dengan lewat jalan nasional Jember – Banyuwangi. Sesudah tiba di kecamatan Genteng Banyuwangi, berbelok arah ke selatan dengan jalanan aspal 15 km dari Genteng, kemudian Anda akan masuk kecamatan Gambiran. Dari sini, kemudian dilanjutkan ke arah pantai selatan menuju kecamatan Pesanggaran, dengan dipandu rambu-rambu yang sangatlah lengkap maka tibalah Anda di wisata pulau Merah.

4.  Air Terjun Tumpak Sewu


Air terjun ini seringkali di sebut-sebut sebagai the little niagara. Memang kecantikanya tak tertandingi, bahkan ini adalah destinasi air terjun tercantik di Jawa Timur. Coban Sewu namanya, atau bisa disebut Air Terjun Tumpak Sewu. Air terjun Tumpak Sewu terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. 

Karena masih baru sehingga masih sedikit info-info mengenai wisata air terjun ini dan belum banyak terdengar di kalangan wisatawan. Akses jalan menuju Air Terjun Tumpak Sewu dapat melalui Kota Malang yang kira-kira memerlukan waktu 2 jam 30 menit dari Kota Malang. Air Terjun Tumpak Sewu dapat di akses dengan kendaraan bermotor ataupun kendaraan pribadi.

5. Pantai Kedung Tumpang


Sebenarnya bukan pantai, tapi lebih tepatnya seperti kubangan air. Jadi, air dari lautnya terhempas di kubangan atas tebing, dan inilah keunikanya. Anda bisa berenang disana bak kolam renang alami dengan air yang sangat jernih. Kedung Tumpang berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban Tulungagung. Bisa diakses dari beberapa kota terdekatnya seperti dari Blitar ataupun kediri. 

Letaknya cukup susah untuk di jangkau, terlebih harus treking jalan kaki dahulu jika ingin sampai disini. Anda tinggal menjalankan GPS di smartphone anda, jika sudah menemukan desa Pucanglaban, anda bisa menanyakan kepada para penduduk setempat.

Sahabat, itulah lima destinasi yang bisa kami rekomendasikan untuk anda yang ingin berkunjung ke Jawa Timur. Tentu sebenarnya masih banyak sekali wisata yang masih belum kami sebutkan disini, setidaknya 5 destinasi tersebut bisa menjadi referensi untuk anda. 

Jika kiranya artikel ini membantu, tidak ada salahnya kita bagikan bersama untuk mempromosikan Kota-kota di Jawa Timur, jawa Timur sendiri, dan juga semata-mata untuk negara kita tercinta, yaitu Indonesia. Tujuanya ialah mendatangkan wisatawan dari dalam dan luar negeri, semakin Indonesia di kenal, mungkin semakin baik perekonomian di Indonesia dengan berkembangnya sektor pariwisata. 

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Pilihan

 
Back To Top