4 Cara Cara Ampuh Mengatasi Demam Panggung

Kalau kita seorang pembicara atau musisi yang sudah kerap kali tampil di atas panggung, mungkin sudah kebal dengan yang namanya gerogi. Beda kalau yang melakukanya adalah seorang pemula, apalagi baru pertama kali merasakan atmosfir panggung, bisa-bisa gemetar luar biasa.

Demam panggung inilah yang biasanya kerap kali membuat penampilan kita tidak maksimal. Misalnya salah kalimat saat berdialog, atah salah lirik saat bernyanyi. Dan ujung-ujungnya malah salah kaprah apa yang kita lakukan di depan audiens. Bisa bayangkan kan bagaimana malunya kita?

Ada suatu hal yang membuat kita gerogi atau demam panggung saat ingin menampilkan sesuatu. Diantaranya ialah, kita tidak menguasai materi yang ingin kita sajikan, minder dengan penampilan kita, atau bisa saja kita beranggapan bahwa audiens adalah orang-orang yang kemampuanya melebihi kita.


Dalam hal ini, tentu ada cara untuk menanganinya, walapun tidak menutup kemungkinan anda masih saja gerogi saat tampil di depan audiens. Tapi, paling tidak bisa sedikit mengurangi rasa demam panggung lumayan, kan? Oke, tidak ada salahnya jika anda membaca tips berikut ini.

Tips Cara Mengatasi Demam Panggung

1. Siapkan Materi

Menyiapkan materi sangatlah penting, karena inilah yang nantinya anda sajikan. Dengan melatihnya jauh-jauh hari sebelum anda tampil, anda tidak akan nge-blank ketika anda gerogi. Ya, walaupun sedikit gerogi anda tetap bisa menguasai materi anda.

2. Berpenampilan Menarik

Hal ini memang sepele, atau bahkan tidak berhubungan dengan apa yang anda tampilkan di panggung, kecuali kalau anda tampil jadi seorang pragawati. Berpenampilan menarik akan membuat anda semakin percaya diri, dan audiens akan merasa enak melihat anda. Bayangkan misalnya anda di atas panggung dengan memakai pakaian yang pantas, kemudian anda melihat ekspresi wajah audiens yang tidak enak, jelas konsentrasi anda akan buyar dan akhirnya blank.

3. Konsentrasi

Sudah pasti anda harus konsentrasi penuh jika sudah di atas panggung dan berhadapan dengan audiens. Tidak mungkin kan kalau anda kepikiran suatu hal di luar ini? bisa-bisa apa yang anda tampilkan tidak sesuai sebagaimana mestinya. Mulailah dengan berdoa sesuai keyakinan dan kepercayaan anda.

4. Pandangan

Pandanglah kepala orang-orang atau audiens yang ada di depan anda. Jangan pernah melihat mata atau raut wajahnya. Kenapa? ini mengindari berbagai ekspresi wajah audiens yang anda lihat. Tidak semua menyukai penampilan anda, maka ekspresinya pun berupa-rupa. Kalau anda melihat ekspresi yang tidak enak dari audiens, konsentrasi anda nantinya akan terpecah dan buyar, kemudian blank.

Sahabat, itulah tadi 4 Cara Ampuh Mengatasi Demam Panggung yang perlu anda terapkan saat anda hendak tampil di depan umum. Menurut saya, yang paling penting ialah "Materi", percayalah, jika anda benar-benar menguasai materi, maka kemungkinan kecil anda akan merasakan demam panggunh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan semoga membantu. Terimakasih. Salam.

Pilihan

 
Back To Top