Tips Dan Trik Traveling Dengan Budget Minim!

Bepergian ke tempat-tempat jauh pasti impian banyak orang, keliling indonesia misalnya. Akan tetapi biaya lah yang menjadi kendala saat mengunjungi tempat-tempat jauh. Betul kan? sudah pasti. Dan alasan kedua  adalah waktu. Ya, jika ingin bepergian dengan biaya minim, jelas yang terkorbankan adalah waktu. Maka dari itu, sebelum anda bepergian travelling ke tempat yang jauh dan ingin biaya yang murah, sediakanlah waktu yang cukup.

Sahabat, dalam postingan kali ini saya akan memberikan tips dan trik backpacking atau travelling murah. Yang perlu anda ketahui, dalam tips ini tentu saja ada enak dan tidak enaknya, entah itu masalah kenyamanan atau keamanan. Tapi cara ini terbukti sangat menekan biaya perjalanan. Ingat, nyaman di saya bukan berarti nyaman di anda. Aman di saya bukan berarti juga akan aman di anda. Dimanapun kita berada, sudah pasti kita harus waspada kan? Nah, langsung saja kita simak tipsnya.


Transportasi

Kalau di hitung-hitung, biaya transportasi inilah yang paling bisa membuat kantong kita jebol. Pilihan terbaik adalah transportasi darat atau laut. Ya, sudah jelas soal tarif sangat berbeda jauh. Jika anda dari Surabaya ingin ke Bali naik pesawat dengan tarif tiket Rp 400.000, anda cukup membayar paling mahal Rp 200.000 jika anda naik bus, itu tarif saat hari besar, kalau hari biasa malah tidak sampai segitu. 

Atau jika anda ingin ke Raja ampat dari Surabaya naik pesawat, anda harus membayar tiket kurang lebih 1,5 juta untuk pemberangkatanya saja sampai ke sorong, kalau menggunakan kapal laut PELNI, cukup mengeluarkan Rp 700.000 -+ untuk kelas ekonomi.

Jika menurut anda dua transportasi tersebut masih kemahalan, anda bisa mencoba dengan hitchhiking. Ya, menumpang semua kendaraan yang lewat di depan anda. Entah itu truck, pickup, ataupun mobil pribadi. Saran, jika anda ingin hitchhiking, berpenampilanlah yang rapi dan sopan agar anda cepat dapat tumpangan. Kalau penampilan seperti preman mana ada yang mau memberi tumpangan?

Bagaimana, apa anda berani backpacking dengan transportasi darat dan laut yang akan memakan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari namun murah? Selamat mencoba.

Tempat istirahat/ bermalam

Di bagian ini juga lumayan menguras kantong. Bayangkan saja kalau anda tidur di hotel yang berbintang, anda pasti tahu berapa biaya yang harus di keluarkan. Mahal, tapi jelas nyaman.

Kalau ingin murah tentu saja penginapan atau homestay yang menjadi pilihan terbaik. Atau carilah rumah singgah gratis untuk para backpacker. Di kota-kota besar seperti Mataram, Malang, Yogyakarta dan Banyuwangi sudah ada rumah singgah gratis untuk para backpacker. Silahkan cari ulasan detailnya rumah singgah di internet, pasti ada. Mudah-mudahan seiring berkembangnya dunia perbackpackeran, semakin banyak pula rumah singgah gratis di tiap-tiap kota. Amin.

Nah, kalau yang terakhir ini pernah saya alami sendiri dan bisa anda coba kalau benar-benar terpaksa, tidak menemukan hotel, penginapan, atau rumah singgah. Anda bisa menumpang tidur di rumah masyarakat lokal. Percayalah, akan selalu ada kebaikan dan keramahan disetiap pintu. 

Jika tidak di ijinkan, cari rumah yang lain sampai dapat. Ada yang perlu di ingat, anda adalah seorang tamu yang menumpang, dan anda tentunya tahu betul bagaimana menjaga sikap dan kesopanan di rumah orang. Bagaimana, apa anda berani mencobanya?

Konsumsi/ Makanan/ Minuman

Harga makanan di setiap daerah tentunya berbeda-beda. Yang ini menurut saya susah juga di akalin. Tapi pasti ada cara. Jadi begini, bawalah kompor gunung dan peralatan masak yang ringan seperti sendok dan nesting. 

Ya, ini lumayan bisa menghemat. Kalau anda biasa makan di warung 3x sehari saat travelling, anda cukup makan 2x saja, yang sekali masak mie instan di penginapan. Irit kan? ini sudah saya terapkan. Bahkan saya pernah hanya makan di warung saat perjalanan siang. Makan malam dan pagi saya memasak di penginapan.

Selamat memasak ya.

Negosiasi

Inilah yang paling penting dari yang paling penting. Kemampuan bernegoisasi sangat di perlukan saat di perjalanan. Tentang transportasi, penginapan, makanan, usahakan menawar harga. Tapi anda juga harus melihat-lihat dulu, menawar transportasi ojek atau mobil carter misalnya. Kalau anda merasa janggal dengan harga yang di berikan, tawarlah, jangan hanya iya, iya dan mau saja, kalau kantong anda tak ingin jebol di transpor. 


Berlagaklah sok pengalaman, sudah pernah kesini dan kesitu agar orang akan yakin kalau anda tidak bisa di bodohi. Kalau jurus yang ini tidak berpengaruh, saatnya memasang tampang memelas. Katakan anda datang dari jauh dan membawa budget minim dan ingin sekali berkunjung ke situ. Dan berdo'alah agar orang di hadapan anda mendadak bermurah hati.

Tentang negoisasi ini bisa anda terapkan di hal apapun dan dimana saja, yang penting anda menawar dengan harga yang masuk akal, intinya jangan terlalu sadis menawar.

***

Sahabat petualang, itulah sedikit tips dari pengalaman saya untuk anda. Menurut saya 4 hal (transportasi, penginapan, konsumsi, menego) itulah yang paling banyak memakan biaya. Silahkan di coba, kunjungilah tempat-tempat istimewa di negeri kita yang tercinta ini. 

Jika artikel ini membantu dan bermanfaat, alangkah baiknya anda bagikan juga tulisan ini ke teman-teman anda yang hoby bertualang dengan budget minim. Terimakasih. Salam.

Pilihan

 
Back To Top