Tips Dan Cara Bermain Gitar Fingerstyle

Bagaimana Cara Bermain Fingerstyle Gitar? Ya, pertanyaan ini sering saya dengar dari teman saya ketika saya bermain gitar tanpa bernyani, bernyanyi dengan mulut. Lalu bernyanyi dengan apa? dengan gitar itu sendiri. Apa bisa? bisa, banyak sekali malahan.

Jika anda pernah menonton video Sungha Jung di youtube, itulah bermain gitar dengan cara fingerstyle. Bukan suara manusia yang bernyanyi, melainkan suara gitar itu  sendiri. Tingkat kerumitan permainan gitar ini tentu lebih sulit, karena terdiri dari dua unsur yang di mainkan secara bersama-sama. Irama dan melodi.

Cara bermain gitar fingerstyle
Apakah susah, belajar gitar fingestyle?

Tidak, jika anda bersungguh-sungguh dalam belajar dan latihan. Juga, sesuatu tidak ada yang instan. Semuanya harus dilakukan secara bertahap untuk mendapatkan hasil yang baik.

Dalam permainan teknik ini, minimal anda harus sudah meguasai acord, nama nada pada setiap kolom, nama nada pada setiap senar, memainkan melodi, dan memainkan petikan dasar pada gitar. Jika anda sudah menguasai tahapan tersebut, tentu anda tidak akan terlalu kesulitan dalam memainkan fingerstyle.

Bagaimana langkah-langkah agar bisa memainkan teknik gitar fingerstyle?

Baiklah, mungkin ini bagian yang sedang anda tunggu-tunggu. Sebelum membaca langkah-langkah berikut, siapkan dulu kopi atau minuman kesukaan anda agar anda bisa lebih santai. Oke? Oh iya, siapkan juga gitar anda.

1. Lagu

Ya, pertama yang harus anda siapkan adalah lagu. tanpa lagu anda mau main apa?...santai dulu jangan tegang. Hafalkan urutan lagu beserta liriknya agar mudah teridentifikasi.

2. Chord/ Kunci

Chord lagu yang ingin anda mainkan juga harus anda kuasai. Misal jika chordnya C-Am-Dm-G. Anda harus tahu beberapa tempat posisi tersebut, karena Chord tidak hanya dalam satu tempat bukan? masih bingung?
Contoh chord C di kolom 1, 2, 3 dengan chord C barre tentu beda posisi, kolom, dan letaknya, kan? Saya yakin, dari sini anda sudah mengerti maksud saya.

3. Melodi

Maksud melodi disini adalah nada pada nyanyian lagu. Anda pasti sudah hafal lagu yang ingin anda pelajari, dan bisa menyanyikanya. Sekarang, gantikan suara nyanyian yang keluar dari mulut anda dengan nada-nada di gitar. Tidak usah banyak-banyak. Satu kalimat saja. Selesai? Sekarang nada yang biasa anda nyanyikan dengan mulut berubah menjadi suara nada di gitar tanpa lirik.
Saya cukup yakin, dari sini anda mengerti maksud penjelasan saya barusan.

4. Irama

Kenali irama lagu yang ingin anda mainkan. Saran saya cari irama lagu-lagu yang paling sederhana saja dulu, dan tentunya dengan tempo yang lambat..

5. Penggabungan Chord, Irama, dan Melodi

Ini adalah bagian yang lumayan susah. Penggabungan dari beberapa unsur. lakukan tahapan ini.
  • Mainkan melodi lagu di chord pertama. Misal chord pertama adalah C. nah, melodi yang hanya di Chord C itu apa? ingat, satu chord saja dulu.
  • Gabungkan melodi lagu tadi dengan nada akar chord (bass chord). Ingat, akarnya saja dulu. Tidak perlu dengan rangkaian chord penuh.
  • Mainkan dan cari hingga satu bagian/ satu kalimat/ maksudnya satu putaran/ C-Am-Dm-G. Lakukan hingga lancar sehingga anda sekarang sudah bisa memainkan melodi dan akar chord (nada chord bass) secara bersamaan.
  • Selanjutnya, tambahkan rangkaian chord penuh pada permainan anda barusan. Misal chord C yang tadi hanya anda mainkan di nada akarnya saja, sekarang tambah nada Mi dan Sol (rangkaian chord). Lakukan Satu-satu dulu, di chord C. Jika sudah bisa dan lancar, lanjutkan pada setiap chord, setiap bagian hingga lagu selesai.
Nah, sahabat pecinta gitar. Itulah tadi langkah-langkah untuk bermain fingerstyle gitar. Anda bisa menambahkan variasi sendiri nantinya jika anda sudah benar-benar menguasai. Semakin banyak variasi (nada, irama, hiasan) akan semakin enak pula di dengar. Yang penting, lakukan secara bertahap. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat untuk anda.

Salam enam dawai.

Pilihan

 
Back To Top